Final Fantasy XV Versi PC Hadir 2018?

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 09 Oct 2016 14:58 WIB
final fantasy xv
Final Fantasy XV Versi PC Hadir 2018?
Akankah Final Fantasy XV dirilis di PC?

Metrotvnews.com: Final Fantasy XV merupakan salah satu game RPG yang paling ditunggu saat ini. Setelah diumumkan secara megah melalui acara khusus beberapa waktu yang lalu, Square Enix terus menerus menghadirkan berbagai informasi baru untuk meningkatkan ketertarikan gamer terhadap game ini, meski game ini harus ditunda hingga tanggal 29 November mendatang.

Sejauh ini, Final FantasyXV dikabarkan hanya akan drilis di PlayStation 4 dan Xbox One. Lalu, bagaimana dengan PC?

Sayangnya, jawaban untuk pernyataan tersebut masih belum jelas. Namun, Director untuk Final Fantasy XV, Hajime Tabata, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan menarik seputar Final Fantasy XV di PC. Menurut PC GAMER, Tabata mengatakan, untuk menghadirkan Final Fantasy XV di PC akan memakan waktu lama.

"Kami perkirakan akan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk menghadirkan game ini (Final Fantasy XV) di PC," ujar Tabata saat diwawancara oleh Vida Extra belum lama ini. "Tentu saja hal tersebut akan menjadi pekerjaan besar bagi kami (Square Enix)."

Tabata sendiri sadar Final Fantasy XV versi PC tidak bisa dihadirkan secara sembarangan. Ia mengatakan Final Fantasy XV versi PC harus tampil dengan kualitas yang lebih baik dari versi konsolnya. Menurutnya, hampir semua yang ada di Final Fantasy XV harus dipikirkan ulang, mulai dari penggunaan engine hingga mekanisme gameplay-nya.

"Saya kira yang harus dilakukan adalah memikirkan teknologi apa yang akan digunakan jika Final Fantasy XV akan dirilis untuk PC," ujar Tabata.

Pernyataan tersebut memperkuat spekulasi sebelumnya yang mengatakan Final Fantasy XV akan dirilis di PC. Sayangnya, mengacu pada pernyataan Tabata, mungkin Final Fantasy XV versi PC baru akan bisa dinikmati di tahun 2018 mendatang. Namun selama Square Enix berkomitmen dapat menghadirkan kualitas serta konten yang lebih baik, Final Fantasy XV versi PC tentu sangat pantas untuk ditunggu kedatangannya.




(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.