Review Game

FIFA 18, Bagus Tak Signifikan

Mohammad Mamduh    •    Senin, 04 Dec 2017 13:20 WIB
gamesreview game indonesia
FIFA 18, Bagus Tak Signifikan
FIFA 18

Jakarta: EA Sports kembali merilis seri terbaru game sepakbola FIFA 18. Mereka memang sudah menyatakan bahwa ke depannya, seri game olaharaga ini tidak akan meluncur secara rutin setiap tahun. FIFA 18 bisa dibilang seri terakhir sebelum pihak penerbit mengubah arah pengembangan.

Pihak developer sendiri juga berusaha menghadirkan berbagai fitur baru, untuk membuktikan bahwa mereka masih lebih baik dari Konami yang terlalu mengandalkan Pro Evolution Soccer. Dalam ulasan seri sebelumnya, saya menyarankan untuk melupakan PES 2017 karena FIFA 17 berhasil menawarkan inovasi yang layak untuk gamer sepakbola nikmati. Apakah tren ini berlanjut ke FIFA 18? Berikut ulasan Metrotvnews.com.



FIFA 18 adalah game sepakbola yang telah meluncur sejak 2 bulan lalu. Sebenarnya, tidak ada inovasi signifikan yang ditawarkan oleh game ini, jika mengacu pada seri sebelumnya. Simulasi pertandingan sepakbola yang dilengkapi dengan beberapa mode agar pemain bisa merasakan pengalaman yang unik.

Bisa dibilang, FIFA 18 hanya meneruskan FIFA 17 dan menghadirkan sejumlah perbaikan. Namun, bukan berarti game ini menggunakan angka 18 untuk menandakan musim pertandingan baru semata.

Dalam pertandingan biasa, FIFA 18 menawarkan mekanisme yang menantang Anda untuk sangat akurat dalam mengumpan. Pemain diberikan pilihan untuk bertanding dengan bantuan AI dalam mengoper, mengumpan, atau menembak. Akurasinya memang lebih baik, tetapi risikonya Anda tidak bisa menciptakan irama serangan atau bertahan yang Anda impikan.

Mematikan bantuan AI akan membuat Anda tidak bisa sembarangan mengumpan karena harus sangat akurat, baik dari arah dan tenaga operan. Di sisi lain, Anda bisa menciptakan peluang menyerang yang sangat unik.



Kelebihan FIFA 18 berikutnya adalah pihak penerbit memastikan perbaikan mekanisme gameplay secara berkala. Oleh karena itu, mereka rajin memberikan pembaruan, dan biasanya berisi perbaikan dari cara pemain mengoper, bagaimana AI mengambil sikap, atau bagaimana memahami situasi dalam kondisi bola tertentu. Ukuran pembaruan memang tidak kecil, dan Anda memerlukan akses internet yang cukup baik, terlepas dari platform yang Anda pakai untuk main FIFA 18.

Alex Hunter kembali dengan mode The Journey, dan Anda yang sudah memainkannya di FIFA 17 bisa melanjutkan karir di FIFA 18. Memang tidak benar-benar melanjutkan karir, tetapi game ini akan menyesuaikan perkembangan Alex Hunter saat ini memulai karir jadi pemain sepakbola profesional. Tidak ada hal yang baru, tugas Anda masih sama, yaitu membawa Alex Hunter menjadi pemain top dunia.

Kali ini, ia akan sering berinteraksi dengan Ronaldo, maskot FIFA 18. Anda tetap menentukan jalan karir, bagaimana ia bersikap saat wawancara atau berbincang dengan teman, sampai seperti apa kemampuannya di lapangan.



Ada penambahan yang cukup menarik di mode karir FIFA 18. Kali ini Anda akan merasakan suasana yang cukup nyata ketika membeli atau menjual satu pemain dalam bursa transfer. Sebelumnya Anda hanya berhadapan dengan antarmuka penuh tulisan berisi banyak informasi, terkait formasi dan bursa transfer. Pengalaman lebih baik ini terlihat saat melakukan negosiasi dengan klub dan manajer lain, yang menampilkan cuplikan pertemuan singkat dengan kedua pihak.

Di sini, Anda akan memberikan penawaran harga, gaji, dan klausul lainnya secara langsung, sehingga prosesr negosiasi lebih terasa. Ini memberikan kesan bahwa Anda beruang cukup serius untuk mendapatkan satu pemain. 



Sayangnya, tidak ada lagi penambahan fitur untuk mode ini di FIFA 18, terlepas dari antarmuka yang lebih terperinci dan rapi berkat elemen warna dan desain baru. Sebagai penerbit game yang sangat mengandalkan in-app purchase, FIFA 18 memang menonjolkan mode FUT atau FIFA Ultimate Team, yang sudah muncul sejak beberapa seri sebelumnya. Dalam mode ini, pemain akan menciptakan skuad impian terkuat dengan mengeluarkan sejumlah uang asli. Untuk Anda yang sudah merasa cukup mahal membeli FIFA 18, ada baiknya untuk tidak memainkan FUT.



Kesimpulan

FIFA 18 adalah seri terbaru yang menarik, walaupun tidak menghadirkan banyak inovasi seperti FIFA 17. Beberapa penambahan dari segi gameplay memang tidak terlalu menonjol, dan sebagian pemain mungkin bakal merasa ini seperti seri yang hanya memperbarui daftar atlet sepakbola global.

Setidaknya, FIFA 18 masih bisa menjadi pintu EA dalam menyiapkan seri FIFA yang lebih baik, terutama setelah mereka memastikan tidak bakal merilis game sepakbola ini setiap tahun. Perbaikan dan penambahan fitur bisa menjadi langkah yang tepat demi memastikan gamer tetap setia. Tentunya, ini harus dibarengi dengan sistem microstransaction yang masih dalam batas wajar. 


Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One
Developer: EA Vancouver, EA Romania
Publisher: EA Sports
Tanggal Rilis: 29 September 2017
Jenis: Sport
 

FIFA 18

 

8,6

  • + Grafis tetap manjakan mata
    + Alex Hunter makin seru
    + Perbaikan cepat dan rutin untuk gameplay
  • - Tak ada inovasi untuk mode lawas
    - Mode FUT agak berlebihan



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /