Akusisi Studio Game, Pengembang Angry Birds Ingin Ciptakan Game Baru?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 30 Nov 2018 18:18 WIB
games
Akusisi Studio Game, Pengembang Angry Birds Ingin Ciptakan Game Baru?
Angry Birds.

Jakarta: Kabar terbaru datang dari Rovio, pengembang game Angry Birds asal Finlandia. Rovio dikabarkan mengakuisisi studio game untuk mengembangkan game baru yang terpisah dari kesuksesan Angry Birds.

Dikutip dari Channel News Asia, Rovio mengakuisisi PlayRaven untuk mengembangkan game mobile strategi yang dipastikan tidak berkaitan dengan Angry Birds.

"Game strategi adalah salah satu genre game mobile yang besar peminatnya. Kami yakin bersama dengan PlayRaven maka kami bisa melakukan ekspansi dengan cepat," ungkap CEO Rovio Kati Levoranta.

PlayRaven sendiri memang tidak sepopuler Rovio. Studio game tersebut sudah berdiri sejak tahun 2013 dan mendapatkan banyak pendanaan dari investor. Rovio sendiri tidak menyebutkan berapa nilai akuisisi yang diterima.

Pada situs resminya tercatat PlayRaven telah mengembangkan lima game yang mengusung genre strategi. Game pertamanya yaitu Spymaster yang dirilis pada 2014 disebut berhasil menjadi lima game mobile strategi terbaik di 100 negara.

Langkah akuisisi Rovio terhadap studio game ini dinilai banyak pihak sebagai cara untuk mereka terlepas dair bayang-bayang Angry Birds yang berhasil membesarkan nama mereka, namun beberapa kali tidak menerima respons positif.

Kesan repetitif dari Rovio tersebut disebut berkontribusi terhadap saham dan finansial Rovio yang kurang sehat sejak tahun lalu. Tentunya kehadiran game terbaru dari Rovio yang tidak terkait franchise Angry Birds akan sangat membuat banyak pihak penasaran.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.