4K Gaming di Xbox Scorpio Percuma?

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 15 Nov 2016 12:27 WIB
xbox
4K Gaming di Xbox Scorpio Percuma?
Xbox Project Scorpio akan hadir dengan performa GPU sebesar 6 TFLOPS

Metrotvnews.com: Dalam pameran game E3 2016 kemarin, Microsoft mengumumkan pihaknya akan membuat sebuah konsol baru yang jauh lebih bertenaga dari konsol manapun.

Konsol yang masih bernama Project Scorpio tersebut dikatakan memiliki GPU dengan performa hingga 6 TFLOPS, atau setara dengan GPU di PC kelas menegah yang ada saat ini. 

Tujuan Microsoft untuk menghadirkan performa tersebut tidak lain adalah agar game untuk konsol Project Scorpio bisa berjalan di resolusi 4K dan mendukung teknologi virtual reality. Meski demikian, tidak semua pihak sejalan dengan visi Microsoft kali ini.

ID Software Lead Renderer Programmer, Tiago Sousa, adalah salah satunya. Menurut pria yang ikut andil dalam mengembangan game DOOM tersebut, menggunakan sumber daya 6 TFLOPS hanya untuk mencapai gameplay di resolusi 4K adalah percuma. 

Sousa mengatakan sumber daya tersebut sebaiknya digunakan untuk hal lain yang bisa memperkaya gameplay, seperti menambah detail grafis atau tampilan yang jauh lebih baik di resolusi 1080p.



Meski demikian, Microsoft tetap akan mempromosikan konsol Project Scorpio dengan embel-embel gaming di resolusi 4K. Namun bukan berarti mereka tidak mengetahui kondisi di lapangan.

"Kami mengerti beberapa developer memilih menggunakan performa 6 TFLOPS untuk hal lain selain tampilan di resolusi 4K. Kami mengerti hal tersebut dan itu adalah keputusan mereka. Namun visi kami tetap sama, yaitu menghadirkan game di resolusi 4K," ujar Senior Director of Product Management di Microsoft, Albert Penello.

Xbox Project Scorpio dikatakan akan hadir tahun depan. Selain akan memiliki performa 6 TFLOPS dan bisa menjalankan game di 4K, Microsoft belum memberitahu informasi lainnya mengenai konsol baru ini, termasuk tanggal rilisnya.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /