Fallout Shelter Sudah Punya 100 Juta Pemain

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 16 Sep 2017 14:01 WIB
gamegames
Fallout Shelter Sudah Punya 100 Juta Pemain
Kepopuleran Fallout Shelter belum berakhir, baru ini game tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 100 juta pemain

Metrotvnews.com: Game mobile besutan Bethesda, Fallout Shelter, seri terpisah dari franchise Action-RPG Fallout 4 mengumumkan jumlah pemain yang telah mencapai 100 juta pemain.
 
Angka ini dianggap sebagai sebuah prestasi bagi Bethesda, karena semenjak game ini pertama kali diperkenalkan lewat iOS pada ajang E3 tahun 2015 lalu, jumlah penggunanya terbukti terus melonjak setelah dua tahun dirlis, seperti dikutip dari Gamespot.
 
Fallout Shelter sendiri mengambil konsep yang sama dari game versi konsolnya, Fallout 4, yang berlatarbelakang petualangan manusia bertahan hidup perang nuklir. Sekumpulan manusia yang berhasil bertahan kemudian membangun sebuah perlindungan bawah tanah yang berisi fasilitas yang dibutuhkan oleh penghuninya. 
 
Fallout Shelter berfokus kepada cara pemain untuk mengatur kehidupan manusia di dalam shelter tersebut, termasuk menjaga shelter dari serangan monster dan manusia lain yang ingin menyerang dan merampas persediaan yang ada di dalam shelter. Meskipun tidak mengusung konsep RPG seperti versi game konsol, namun pemain tetap bisa merasakan keseruan yang ditawarkan.
 
Pihak Bethesda sendiri baru pertama kali merilis sebuah game mobile, mengutip data dari hasil penelitian SuperDatayang disebut dua pekan sejak Fallout Shelter dirilis pihak Bethesda berhasil meraup keuntungan senilai USD 5,1 juta.
 
Banyak pihak beranggapan kepopuleran Fallout Shelter ditopang oleh dua hal: kepopuleran franchise Fallout, dan ketika game tersebut dirilis ke ponsel Android, mengingat jumlah pengguna ponsel pintar jenis tersebut masih lebih banyak ketimbang pengguna iOS.
 
Fallout Shelter tidak hanya hadir di perangkat smartphone saja, tetapi juga bisa dimainkan di konsol tablet, PC, dan di awal tahun ini Xbox One juga sudah bisa mencicipi game tersebut. Diprediksi, Fallout Shelter akan terus mengalami peningkatan jumlah pemain, asalkan franchise Fallout tetap populer.



(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.