Hardware PC Lebih Unggul dari PS4

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 12 Oct 2016 14:15 WIB
playstation
Hardware PC Lebih Unggul dari PS4
PlayStation 4 Pro masih kalah oleh PC dalam hal spesifikasi

Metrotvnews.com: Sony telah merilis konsol baru yaitu PlayStation 4 Pro beberapa waktu yang lalu. Konsol tersebut hadir dengan performa yang lebih baik sehingga game yang dimainkan di PlayStation 4 Pro akan tampil lebih baik daripada di PlayStation 4.

Menariknya, Sony mengklaim PlayStation 4 Pro hadir bukan untuk berkompetisi dengan Xbox, tapi dengan PC. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Head of Sony Interactive Entertainment, Andrew House.

Pertanyaannya, apakah PlayStation 4 Pro memang bisa bersaing dengan PC?

Menurut jurnalis game Tony Polanco dari Geek.com, secara teknologi hardware PlayStation 4 Pro masih jauh lebih lemah dari PC kelas atas yang ada saat ini. Polanco bahkan mengatakan sebagian besar PC kelas menengah juga lebih superior dalam spesifikasi ketimbang PlayStation 4 Pro.



Polanco, yang telah menjajal performa PlayStation 4 Pro di acara peluncurannya, mengatakan konsol tersebut memang memiliki performa yang jauh lebih kencang dari PlayStation 4. Ia bisa memainkan game Deus Ex: Mankind Divided dengan sangat lancar di resolusi 4K ditambah dengan efek HDR. Kekuatan ini tentu akan memuaskan para gamer PlayStation 4 yang beralih ke PlayStation 4 Pro.

Sayangnya hal tersebut tidak berlaku bagi gamer PC. Menurut Polanco, jika dibandingkan dengan PC, game Deus Ex: Mankind Divided di PlayStation 4 Pro memiliki tampilan grafis yang tidak lebih baik. Polanco mengatakan, meski berjalan lebih halus, game tersebut dipastikan tidak berjalan di 60fps pada PlayStation 4 Pro. Sementara di PC, 60fps adalah standar yang telah dapat dicapai dengan mudah oleh spesifikasi kelas menengah.

Lalu mengapa Sony bersikeras merilis konsol ini?

PC yang semakin mudah diakses dan memiliki berbagai game eksklusif tentunya merupakan sebuah ancaman bagi eksoistem PlayStation. Untuk itulah Sony ingin agar para gamer setia mereka tidak segera beralih ke PC dengan menawarkan konsol baru yang memiliki performa setidaknya mendekati PC. 

Namun, jika Sony ingin berkompetisi dengan PC, sebaiknya mereka tidak menyinggung soal performa atau hardware karena konsol akan selalu kalah. Sebaiknya tonjolkan keunggulan lain pada PlayStation 4 Pro yang tidak terdapat di PC, seperti game eksklusif atau layanan yang lebih baik.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

12 hours Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /