CD Projekt Red dan Penulis The Witcher Bertengkar Soal Royalti?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 03 Oct 2018 10:24 WIB
games
CD Projekt Red dan Penulis The Witcher Bertengkar Soal Royalti?
Game The Witcher.

Jakarta: Kesuksesan franchise game The Witcher tampaknya mulai terusik setelah kini pihak pubisher sekaligus developer dan penulis asli novel The Witcher mulai bertengkar.

Dikutip dari laporan VG247, pertengkaran ini soal royalti yang diajukan penulis novel The Witcher Andrzej Sapkowski. Sang penulis dari novel yang terbit tahun 1986 tersebut kini menuntut royalti atas seluruh franchise trilogi game The Witcher.

Disebutkan bahwa Sapkowski meminta hak royalti atas nilai sebesar USD16 juta, setara Rp240 miliar untuk trilogi. Namun, kabar terakhir atas gugatan tersebut  ditolak oleh pihak CD Projekt Red.

CD Projekt Red yang mengadaptasi novel The Witcher dan membuat game The Witcher di tahun 2007 mengklaim bahwa saat itu Sapkowski sepakat hanya menerima royalti dari seri pertama trilogi game The Witcher.

Klaim CD Projekt Red cukup beralasan karena mereka mengaku telah membeli hak cipta The Witcher dari Sapkowski sehingga mereka tidak mempunyai utang yang harus dibayar kepada penulis novel The Witcher.

Seajuh ini kedua pihak sudah merilis pernyataan yang mengklaim argumen satu sama lain. Belum diketahui secara jelas akhir dari permasalahan royalti tersebut yang tampaknya akan berujung pada meja hijau.


(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.