PlayStation 5 Hadir 2020?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 11 Apr 2018 12:42 WIB
sonyplaystation
PlayStation 5 Hadir 2020?
Stick kontroler PlayStation 4.

Jakarta: Pada bulan November nanti PlayStation 4 (PS4) akan genap berusia lima tahun. Tentu saja banyak dari penggemar game bertanya-tanya, kapan PlayStation 5 (PS5) hadir?

Sayangnya, belum bisa dipastikan tahun ini Sony berencana merilis PS5. Kotaku menyebutkan telah menghubungi beberapa developer game yang mengerjakan proyek untuk konsol PlayStation. Setidaknya ada dua developer yang mengetahui rencana Sony.

Dua developer dari studio game yang tidak mau disebutkan identitasnya menuturkan bahwa tahun ini Sony tidak berencana merilis generasi terbaru dari konsol PlayStation di 2018, melainkan beberapa tahun lagi.

Informan yang diwawancarai menyebutkan bahwa kemungkinan besar 2019 atau 2020 akan menjadi waktu Sony mengumumkan kehadiran PS5. Perlu dicatat bahwa hal ini juga bisa saja mundur dari rencana awal. 

"Dalam sebuah proyek yang melibat kurun waktu lebih dari setahun sangat mungkin apabila tanggal yang ditentukan menjadi dimajukan atau dimundurkan. Sony juga pasti harus mencari sweet spot di pasar," ungkap informan tersebut. Setiap langkah kejutan dari Microsoft maupun kompetitor bisa saja berakibat perubahan rencana dan strategi Sony.

Sebelumnya sempat beredar informasi bahwa pihak Sony telah menyebark software development kit kepada para developer untuk menciptakan game PS5. Sebagian pegawai Sony membantahnya karena mengaku belum mendengar proses manufaktur PS5.

Apabila Sony sudah siap mengumumkan proyek PS5 kemungkinan, besar hal itu akan diumumkan pada perhelatan E3 2018 yang digelar pada bulan Juni nanti. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.