Pokemon Go

7 Bulan, Pendapatan Pokemon Go Tembus Rp13 Triliun

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 03 Feb 2017 15:47 WIB
gamespokemon go
7 Bulan, Pendapatan Pokemon Go Tembus Rp13 Triliun
Pendapatan Pokemon Go tembus Rp13 Triliun

Metrotvnews.com: Meski sudah tidak sepopuler dulu lagi, Pokemon Go masih merupakan game dengan pendapatan terbesar hingga saat ini.

Setelah berhasil memecahkan rekor sebagai aplikasi tercepat yang memperoleh pendapatan hingga USD500 juta (Rp6,6 triliun), kali ini Pokemon Go kembali menorehkan nama dengan berhasil memperoleh pendapatan sebesar USD1 miliar (Rp13,2 triliun).

Menurut App Annie, Pokemon Go berhasil meraih pendapatan sebesar USD1 miliar hanya dalam 7 bulan. Hal tersebut tergolong sangat hebat mengingat pendapatan seluruh aplikasi iOS dan Android hanya sebesar USD35 miliar (Rp467,1 triliun) sepanjang tahun 2016 kemarin.

Lebih mengejutkannya lagi, Pokemon Go belum dirilis di Tiongkok, yang merupakan pasar ponsel terbesar di dunia.

Keberhasilan Pokemon Go dikatakan telah melampaui Candy Crush Saga dan Puzzles & Dragons yang juga telah mencapai total pendapatan hingga lebih dari USD1 miliar, namun dengan rentang waktu yang lebih lama dari Pokemon Go.



Sementara data dari Sensor Tower mengindikasikan pendapatan Pokemon Go telah mengalahkan pendapatan aplikasi mobile lainnya, termasuk game Clash Royale besutan SuperCell yang hanya mampu meraup pendapatan sebesar USD550 juta (Rp7 triliun) selama 7 bulan pertamanya.

Dengan memudarnya popularitas Pokemon Go, Sensor Tower memprediksi pertumbuhan pendapatan game ini akan melambat ke depannya. Meski demikian, Pokemon Go diprediksi masih bisa memperoleh pendapatan hingga USD2,5 juta (Rp33 miliar) dalam sehari.

Popularitas Pokemon Go diprediksi baru akan kembali naik ketika dirilis di Tiongkok nantinya.


(MMI)

Video /