Final Fantasy XV

Gamer PC Bisa Jajal Aplikasi Benchmark Final Fantasy XV

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 02 Feb 2018 13:35 WIB
gamesfinal fantasy xv
Gamer PC Bisa Jajal Aplikasi Benchmark Final Fantasy XV
Karakter utama di permainan Final Fantasy XV.

Jakarta: Meskipun jeda tanggal rilis Final Fantasy XV untuk PC lumayan lama ketimbang PS4, game satu ini tetap layak dinantikan. Rencananya game ini akan dirilis pada tanggal 6 Maret untuk PC Windows.

Mengingat game ini menyajikan tampilan grafis super serta mode permainan yang sangat luas, banyak gamer PC yang bertanya-tanya apakah game tersebut mampu mereka mainkan di PC masing-masing, apalagi game ini akan memiliki kapasitas filse sebesar 100GB.

Hari ini, Square Enix mengumumkan telah merilis aplikasi benchmark agar gamer mudah mengetahui apakah Final Fantasy XV bisa berjalan dengan lancar di PC mereka dan pada tingkat konfigurasi apa.

Dalam situs resmi aplikasi benchmark Final Fantasy XV, dsiebutkan bahwa aplikasi ini hanya memiliki ukuran sebesar 3,37GB dengan prasyarat perangkat menggunakan sistem operasi Windows 7/8/10 64bit. Kartu grafis dan driver yang digunakan harus mendukung DirectX 11 dan bisa menjalankan ukuran display 1280x720 atau lebih.

Sebelum melakukan benchmark, pengguna bisa memilih beberapa konfigurasi. Pertama adalah tingkat konfigurasi grafis yang berjalan. Kedua, adalah konfigutasi ukuran resolusi layar. Kemudian yang ketiga, ukuran jendela aplikasi, windowed atau fullscreen mode.

Nantinya selama proses benchmark berjalan akan ada kotak berisi skor pengujian yang terus berjalan hingga akhir proses benchmark selesai. Skor terendah yakni mulai dari 0 hingga 1.999 yang artinya PC tidak layak untuk memainkan game Final Fantasy XV.

Untuk skor tertinggi berkisar 12.000 ke atas, yang artinya PC tersebut bisa menjalankan game ini dengan frame rate yang tinggi dan tampilan grafis terbaik atau maksimal.




(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.