Diduga Terlibat Suap, Tiga Pejabat KeSPA Ditangkap

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 10 Nov 2017 12:03 WIB
esport
Diduga Terlibat Suap, Tiga Pejabat KeSPA Ditangkap
Tiga bejabat KeSPA ditangkap karena diduga terlibat kasus suap (foto: Kotaku)

Metrotvnews.com: Tiga pejabat Korean Esports Association (KeSPA) dilaporkan telah ditangkap baru-baru ini oleh kepolisian Korea Selatan karena dicurigai terlibat dalam kasus suap dan pencucian uang.

Menurut Kotaku, salah satu pejabat yang ditangkap adalah Jun Byung-hun yang merupakan Chairman KeSPA serta merupakan ikon reformasi esport Korea Selatan.

Selain menjadi pejabar KeSPA, Jun Byung-hun juga dilaporkan merupakan anggota kongres pemerintahan Korea Selatan yang bekerja untuk komite penyiaran Korea Selatan.

Dugaan kasus suap muncul setelah KeSPA diduga menerima uang sebesar KRW300 juta (sekitar Rp3,6 miliar) dari Lotte Home Shopping yang merupakan salah satu saluran televisi belanja di Korea Selatan.

Lotte Home Shopping sendiri memiliki rekam jejak yang tidak baik di Korea Selatan. Saluran televisi swasta tersebut beberapa kali terlibat dalam kasus suap dan pemalsuan dokumen untuk mempertahankan lisensi siaran mereka.

Jun Byung-hun dan dua pejabat KeSPA lainnya ditangkap karena hubungannya aliran dana misterius oleh Lotte Home Shopping ke KeSPA. Jika uang yang diterima Jun Byung-hun adalah saat ia masih menjabat sebagai salah satu komite penyiaran Korea Selatan, maka ia bisa terkena pidana suap.

Ironisnya, Jun Byung-hun merupakan sosok yang dihormati di antara komunitas esport Korea Selatan. Ia juga dikenal sebagai sosok yang berhasil melakukan reformasi di industri esport Korea Selatan. Skandal ini tentu akan berdampak buruk pada reputasinya.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.