Diduga Terlibat Suap, Tiga Pejabat KeSPA Ditangkap

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 10 Nov 2017 12:03 WIB
esport
Diduga Terlibat Suap, Tiga Pejabat KeSPA Ditangkap
Tiga bejabat KeSPA ditangkap karena diduga terlibat kasus suap (foto: Kotaku)

Metrotvnews.com: Tiga pejabat Korean Esports Association (KeSPA) dilaporkan telah ditangkap baru-baru ini oleh kepolisian Korea Selatan karena dicurigai terlibat dalam kasus suap dan pencucian uang.

Menurut Kotaku, salah satu pejabat yang ditangkap adalah Jun Byung-hun yang merupakan Chairman KeSPA serta merupakan ikon reformasi esport Korea Selatan.

Selain menjadi pejabar KeSPA, Jun Byung-hun juga dilaporkan merupakan anggota kongres pemerintahan Korea Selatan yang bekerja untuk komite penyiaran Korea Selatan.

Dugaan kasus suap muncul setelah KeSPA diduga menerima uang sebesar KRW300 juta (sekitar Rp3,6 miliar) dari Lotte Home Shopping yang merupakan salah satu saluran televisi belanja di Korea Selatan.

Lotte Home Shopping sendiri memiliki rekam jejak yang tidak baik di Korea Selatan. Saluran televisi swasta tersebut beberapa kali terlibat dalam kasus suap dan pemalsuan dokumen untuk mempertahankan lisensi siaran mereka.

Jun Byung-hun dan dua pejabat KeSPA lainnya ditangkap karena hubungannya aliran dana misterius oleh Lotte Home Shopping ke KeSPA. Jika uang yang diterima Jun Byung-hun adalah saat ia masih menjabat sebagai salah satu komite penyiaran Korea Selatan, maka ia bisa terkena pidana suap.

Ironisnya, Jun Byung-hun merupakan sosok yang dihormati di antara komunitas esport Korea Selatan. Ia juga dikenal sebagai sosok yang berhasil melakukan reformasi di industri esport Korea Selatan. Skandal ini tentu akan berdampak buruk pada reputasinya.


(MMI)