Google Luncurkan Android M

Insaf Albert Tarigan    •    Jumat, 29 May 2015 06:37 WIB
google i/o
Google Luncurkan Android M
Android M akan tersedia mulai Q3 2015

Metrotvnews.com: Google meluncurkan sistem operasi Android M pada konferensi tahunan Google I/O yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat, tadi malam, Kamis, 29 Mei. Mereka memperbaiki beberapa hal untuk membedakannya dengan Android Lollipop.

Pertama, Android M memudahkan Anda mengontrol izin aplikasi. Alih-alih menampilkan daftar informasi yang akan diakses sebuah aplikasi seperti saat ini, Google memunculkan pesan pop up tiap kali aplikasi membutuhkan izin Anda. Hal semacam ini sudah berlaku lama di iOS.

Kedua, Chrome custom tabs memungkinkan situs seperti Pinterest untuk menambahkan tombol dan menu ke peramban, sehingga Chrome akan terasa seperti aplikasi Pinterest.

Ketiga, Android M memiliki fitur Android Pay, sistem pembayaran yang memanfaatkan NFC. Anda akan dapat membayar sesuatu dengan sidik jari, seperti halnya pada Apple Pay.

Google sudah bekerjasama dengan beberapa operator di Amerika Serikat untuk membuat Android Pay pre-load di ponsel Android yang mereka jual.

Yang tak kalah penting, Google juga menjanjikan performa Android M lebih baik dari pendahulunya, terutama konsumsi baterai. Caranya, Android M membatasi aktivitas aplikasi di background.

Selain itu, Google menambahkan dukungan terhadap USB-C agar pengisian baterai bisa lebih cepat. Sebagai gambaran, Google mengklaim pengisian baterai akan 3 kali lebih cepat dengan USB-C.

Untuk kalangan pengembang, Android M memudahkan mereka untuk menautkan satu aplikasi dengan yang lain. Di luar hal itu, Android M masih menawarkan banyak hal minor lainnya, termasuk kendali volume yang lebih sederhana.

Android M akan tersedia untuk pengguna pada Q3 2015. Namun, pengembang sudah dapat mengunduhnya mulai sekarang.


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.