2018, Pengiriman Motherboard Diprediksi Turun 10%

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 05 Jan 2018 13:48 WIB
asusmsihardwaregigabyte
2018, Pengiriman Motherboard Diprediksi Turun 10%
foto: PCGamesN

Metrotvnews.com: Pengiriman komponen motherboard secara global diprediksi turun sebesar 10 persen di tahun 2018.

Prediksi yang dihimpun dari para pemegang jalur distribusi ini juga berdasarkan pasar PC yang semakin menurun menjelang akhir tahun lalu, terutama sektor PC rakitan. Sektor PC rakitan sendiri juga diperkirakan merosot sebesar 15 persen untuk tahun yang sama.

Melihat data yang dihimpun Digitimes, pengiriman global motherboard dari produsen besar seperti ASUS, MSI, dan GIGABYTE mencapai 75 juta unit pada tahun 2013.

Angka ini menurun menjadi kurang dari 50 juta unit tiga tahun berikutnya. Tahun 2017, pengiriman motherboard secara global diproyeksi kembali merosot ke 43 juta unit. 

Dari beberapa produsen besar, GIGABYTE punya andil yang cukup besar dalam penurunan jumlah ini. Mereka sedang melakukan restrukturisasi bisnis, mengakibatkan pengurangan pengiriman menjadi 12,6 juta unit di tahun 2017.

Sebelumnya, mereka berhasil memasok 16,2 juta unit motherboard ke seluruh dunia. Namun, GIGABYTE diprediksi kembali stabil di paruh pertama 2018. Para pengamat optimistis perusahaan asal Taiwan itu bisa mengembalikan pasar mereka yang hilang. 

Walaupun mengalami penurunan, pasar motherboard segmen gaming terus bertumbuh. Tren positif ini didukung oleh harga yang semakin kompetitif untuk semua kelas pasar. Ini juga menjadi salah satu alasan para produsen motherboard menghadirkan lebih banyak varian gaming, termasuk untuk kelas ekonomis.

ASUS masih mendominasi pasar motherboard gaming, dengan penguasaan sekitar 70 persen. Pihak pemasok juga menyebutkan, sisa 30 persen pasar yang tersedia menjadi rebutan produsen lain, yang dinilai sulit memberi celah untuk meningkatkan penjualan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.