Startup Musical.ly Dibeli Raksasa Tiongkok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 11 Nov 2017 14:06 WIB
startup
Startup Musical.ly Dibeli Raksasa Tiongkok
Musical.ly dibeli oleh perusahaan Tiongkok.

Metrotvnews.com: Musical.ly, aplikasi lip-sync yang populer di kalangan generasi muda, telah dibeli oleh perusahaan media sosial raksasa asal Tiongkok, Toutiao. Sayangnya, tidak disebutkan nilai akuisisi tersebut. 

Menurut sumber TechCrunch, ByteDance -- perusahaan di balik layanan agregator berita Toutiao -- telah membayar sekitar USD800 juta (Rp10,8 triliun) sampai USD1 miliar (Rp13,5 triliun) untuk membeli Musical.ly, yang mengklaim telah memiliki 60 juta pengguna.

Startup berumur 3 tahun itu dihargai USD500 juta (Rp6,8 triliun) ketika mereka mendapatkan kucuran dana segar pada 2016.

Musical.ly berkata, mereka akan terus beroperasi sebagai perusahaan mandiri di bawah Bytedance dan pada saat yang sama, memanfaatkan jaringan distribusi dan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan induk barunya. 

Sementara itu, Bytedance dikabarkan telah mendapatkan USD2 miliar (Rp27 triliun), menjadikannya memiliki valuasi senilai USD20 miliar (RP271 triliun).

Selain Toutiao, yang mengklaim memiliki 120 juta pengguna aktif bulanan, Bytedance juga berusaha memperbanyak jenis konten yang mereka buat dengan akuisisi aplikasi video Flipagram. 

Toutiao dikenal karena mereka menggunakan kecerdasan buatan untuk menyediakan konten berita yang relevan pada penggunanya.

Dalam pengumuman hari ini, dijelaskan bahwa teknologi tersebut juga akan digunakan pada Musical.ly untuk menarik lebih banyak pengguna dan kreator di Tiongkok, Korea Selatan, Jepang dan Asia Tenggara.


(MMI)