Besok, SpaceX akan Luncurkan Falcon 9 ke-50

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 05 Mar 2018 10:37 WIB
antariksaSpaceX
Besok, SpaceX akan Luncurkan Falcon 9 ke-50
Besok akan menjadi peluncuran Falcon 9 yang ke-50. (AFP PHOTO / Robyn Beck)

Jakarta: SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 pertamanya delapan tahun lalu, untuk lebih tepatnya, pada Juni 2010. Besok, perusahaan roket asal California itu akan meluncurkan roketnya yang ke-50. 

Peluncuran itu akan dilakukan besok, 00.33 ET atau pada 12.33 WIB dari Kennedy Space Center di Florida. SpaceX akan mencoba meluncurkan satelit komunikasi, Hispasat 30W-6 ke orbit transfer geostationer. Misi ini memiliki rentang waktu peluncuran dua jam, lapor Ars Technica

Masih belum diketahui apakah SpaceX akan mencoba mendaratkan stage pertama dari Falcon 9, seperti yang biasa mereka lakukan. Namun, satelit yang roket Falcon 9 bawa kali ini memiliki berat lebih dari 6 metrik ton, sekitar setengah ton lebih berat dari beban yang biasa Falcon 9 bawa ke orbit geostationer

Karena itu, kemungkinan, roket ini akan menghabiskan hampir semua bahan baharnya untuk meluncurkan satelit itu ke orbit transfer geostationer. Itu artinya, roket itu akan sulit untuk melakukan pendaratan terkendali dengan sisa bahan bakar yang ada. 

Jika peluncuran satelit Hispasat memang tidak ditunda, maka SpaceX dapat mencapai peluncuran ke-50 lebih cepat dari para pesaingnya.

SpaceX hanya memerlukan waktu 7 tahun 9 bulan untuk mengirimkan roketnya yang ke-50. Sebagai perbandingan, roket Atlas V membutuhkan waktu 9 tahun 7 bulan untuk mencapai peluncuran ke-50. 

Tahun lalu, SpaceX berhasil mengirimkan 18 roket. Jumlah total roket yang sukses dikirimkan oleh SpaceX tahun lalu mencapai dua kali lipat dari total peluncuran Atlas V pada era keemasannya. Tahun ini, SpaceX menyebutkan bahwa mereka ingin mengirimkan lebih dari 20 Falcon 9. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.