Mulai 1 April, BlackBerry Hapuskan Aplikasi Berbayar di BlackBerry World

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 01 Mar 2018 10:09 WIB
blackberry
Mulai 1 April, BlackBerry Hapuskan Aplikasi Berbayar di BlackBerry World
Blackberry World hanya akan menawarkan aplikasi gratis mulai tanggal 1 April mendatang.

Jakarta: BlackBerry mengumumkan hanya akan menawarkan aplikasi gratis pada BlackBerry World untuk pengguna perangkat BlackBerry 10 mulai 1 April 2018 mendatang. BlackBerry telah mengirimkan email kepada pengembang, menjelaskan transisi yang direncanakannya untuk BlackBerry World.

BlackBerry World akan menonaktifkan seluruh mekanisme pembelian mulai tanggal 1 April tersebut. Dalam emailnya, BlackBerry menjelaskan kepada pengembang untuk mengunjungi Vendor Portal guna mengubah aplikasi berbayar menjadi aplikasi gratis.

Aplikasi berbayar yang masih tersedia di situs pada tanggal 31 Maret mendatang akan dihapuskan dari BlackBerry World. BlackBerry juga menggarisbawahi sejumlah hal utama pada email yang dikirimkannya kepada pengembang dan vendor. Vendor dengan konten gratis tidak perlu melakukan apapun dan perubahan konten dari berbayar menjadi gratis dapat dilakukan kapanpun.

Pengembang dan vendor yang memutuskan untuk tetap berada di BlackBerry World dapat memonetisasi aplikasi, tapi mekanisme pembayaran harus terdapat di dalam aplikasi dan dukungan terkait didukung oleh pihak pengembang dan vendor.

Program refund untuk konten berbayar pada BlackBerry World juga disebut hanya akan didukung hingga 30 April 2018. Pelanggan juga akan dapat mengakses konten yang telah dibeli sebelum perubahan tersebut diterapkan.

Sementara itu, BlackBerry Passport akan merayakan ulang tahun keempatnya pada bulan September mendatang. BlackBerry Passport dan Classic merupakan dua model unggulan terakhir BlackBerry yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10. Sementara perangkat BlackBerry versi lebih baru menggunakan sistem operasi yang dikembangkan oleh QNX, yaitu BlackBerry Leap.

BlackBerry mulai menggunakan sistem operasi Android pada perangkatnya melalui BlackBerry Priv yang diluncurkan pada bulan November 2015 lalu. Sejak saat itu, Android menjadi sistem operasi yang digunakan oleh perangkat perusahaan asal Kanada tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.