CES 2018

Makin Canggih, Augmented Reality Juga Bisa Dipakai untuk Perawatan Rambut

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 11 Jan 2018 14:12 WIB
teknologices 2018
Makin Canggih, Augmented Reality Juga Bisa Dipakai untuk Perawatan Rambut
Ilustrasi. (Henkel Beauty Care)

Jakarta: Beberapa tahun belakangan, tekologi juga mulai merambah ke bisnis salon dan perawatan rambut.

Henkel Beauty Care dan merek miliknya, Schwarzkopf Professional baru saja meluncurkan sekumpulan produk untuk membantu penata rambut memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan kliennya.

Salah satu produk tersebut adalah penganalisa rambut yang bisa memberitahukan penggunanya keadaan rambut mereka. 

Menggunakan sensor cahaya tampak, perangkat ini bisa memberitahukan Anda berbagai informasi tentang rambut, seperti tingkat kelembapan rambut, kualitas rambut dan warna asli rambut, lapor Engadget

Perangkat yang dinamai SalonLab Analyzer ini merupakan salah satu dari tiga produk yang ditujukan untuk menawarkan perawatan rambut terbaik untuk seseorang. 

CNN Money menyebutkan, SalonLab Analyzer menganalisa informasi yang ia dapatkan menggunakan algoritma yang dibuat oleh para peneliti Henkel. 

Selain algoritma, informasi dari SalonLab Analyzer juga akan bisa diakses oleh penata rambut sehingga dia bisa memberikan saran tentang perawatan rambut.



SalonLab Analyzer juga dilengkapi Consultant App. Melalui aplikasi untuk iPad ini, 
sang penata rambut bisa melihat data rambut klien. Dia kemudian akan memberikan saran terkait warna rambut yang sesuai dengan klien menggunakan teknologi AR (Augmented Reality). Dengan begitu, klien bisa melihat bagaimana warna terlihat pada rambutnya sebelum memutuskan untuk mewarnai rambutnya. 

"Kami ingin menghilangkan proses tebak-menebak oleh para penata rambut," kata Nils Daecke, Head of Digital Marketing, Henkel Beauty Care.

"Kami tidak ingin membuat sesuatu yang membuat keahlian penata rambut tidak lagi diperlukan atau menghilangkan proses konsultasi. Kami ingin menyediakan sesuatu yang bisa meningkatkan pengalaman proses tersebut dan membedakan mereka dari penata rambut lain yang mungkin tidak memiliki teknologi ini."

Sistem SalonLab ini akan mulai digunakan di salon-salon di Eropa dan Amerika Serikat pada tahun ini. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.