Baterai iPhone Terbakar di Dua Apple Store

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 11 Jan 2018 12:58 WIB
apple
Baterai iPhone Terbakar di Dua Apple Store
Setelah di Zurich, Swiss, baterai iPhone di Apple Store di Valencia, Spanyol, juga terbakar.

Jakarta: Untuk kedua kalinya dalam kurun waktu dua hari, baterai iPhone dilaporkan meledak saat berada di dalam Apple Store. Insiden kedua terjadi di Apple Store di Valencia, Spanyol, menyebabkan ruangan diliputi asap.

Pekerja Apple Store Valencia berhasil memadamkan api dan membukan jendela untuk mengeluarkan asap. Api dinyatakan telah berhasil dipadamkan sebelum tiga pemadam kebakaran dan polisi tidak di lokasi kejadian.

Insiden yang terjadi pada pukul 1.30 siang waktu setempat ini berakhir tanpa melibatkan korban terluka. Pada hari Selasa lalu, pegawai Apple Store di Zurich, Swiss mengalami luka bakar kecil akibat baterai iPhone di toko tersebut mendadak terbakar.

Secara keseluruhan, terdapat tujuh orang korban terluka akibat insiden di Apple Store Zurich tersebut, meski tidak mengharuskan korban diperiksa secara instensif di rumah sakit. Apple baru-baru ini mnegakui melakukan penyesuaian pada CPU di iPhone 6 dan versi sebelumnya.

Tindakan tersebut dilakukan Apple untuk mencegah perangkat dengan dukungan baterai versi lama mengalami permasalahan nonaktif secara mendadak saat melakukan tugas rumit. Sebagai kompensasi untuk tindakannya, Apple menawarkan penggantian baterai pada model tersebut.

Apple menawarkan penggantian baterai tersebut dengan biaya lebih terjangkau dibandingkan sebelum kasus ini diketahui masyarakat luas, dari USD79 (Rp1,1 juta) menjadi USD29 (Rp414 ribu) hingga akhir tahun 2018.

Tindakan tersebut turut menyebabkan tuntutan hukum dilayangkan sejumlah pihak yang merasa dirugikan kepada Apple dari berbagai negara. Tuntutan hukum terbaru untuk kasus ini dilayangkan di Prancis, menyusul Amerika Serikat dan Israel yang telah lebih dulu mengajukan tuntutan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.