Sophia, Robot Pertama yang Punya Kewarganegaraan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 30 Oct 2017 11:06 WIB
robot
Sophia, Robot Pertama yang Punya Kewarganegaraan
Tampilan Sophia didasarkan pada Audrey Hepburn. (AFP PHOTO / Fabrice COFFRINI)

Metrotvnews.com: Sophia menjadi robot pertama di dunia yang mendapatkan kewarganegaraan. Arab Saudi memberikan kewarganeraan itu pada robot serupa manusia yang dibuat oleh Hanson Robotics dalam acara Future Investment Initiative di ibukota Riyadh.

Dengan tatapan nyaris hampa, Sophia membuat pidato terima kasih yang bisa Anda tonton dalam video di bawah ini. Dia berkata, "Saya sangat tersanjung dan bangga atas kehormatan ini. Ini merupakan momen bersejarah, menjadi robot pertama di dunia yang diakui memiliki kewarganegaraan."



Digital Trends menyebutkan, dalam acara itu, Sophia juga menjawab beberapa pertanyaan dari wartawan Andrew Ross Sorkin, yang juga berperan sebagai moderator. Menanggapai komentar Sorkin tentang kemungkinan konflik antara manusia dan robot, Sophia menjawab, "Anda terlalu banyak mendengarkan Elon Musk. Dan menonton terlalu banyak film Hollywood. Jangan khawatir, jika Anda baik pada saya, saya akan baik pada Anda."

Tidak lama kemudian, Elon Musk menanggapi hal ini melalui Twitter.
 
Hanson Robotics menjelaskan, Sophia dan robot lain yang serupa didesain untuk membantu orang-orang tua di panti jompo dan juga membantu para pengunjung di taman hiburan. Dibuat menyerupai Audrey Hepburn, Sophia dibuat oleh David Hanson, yang memulai karirnya di Disney.

Meskipun banyak pujian untuk Sophia, tampaknya keberadaannya juga masih menimbulkan kekhawatiran. Pada festival SXSW yang diadakan pada bulan Maret 2016, Hanson bertanya pada Sophia, "Apa kamu mau menghancurkan manusia? ... Tolong jawab tidak."

Setelah terdiam beberapa saat, Sophia menjawab, "Oke, saya akan menghancurkan manusia."


(MMI)