Demi Pulang Tepat Waktu, Pemerintah Korsel Padamkan Komputer Kantor

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 27 Mar 2018 07:57 WIB
teknologi
Demi Pulang Tepat Waktu, Pemerintah Korsel Padamkan Komputer Kantor
Ilustrasi.

Jakarta: Korea Selatan merupakan salah satu negara di kawasan Asia yang pekerjanya gemar menghabiskan waktu di kantor hingga larut malam tanpa peduli kondisi kesehatan.

'Ketekunan' pekerja kantoran di Korea Selatan dirasakan oleh pemeritah negaranya, dan  juga memilik dampak yang buruk. Kini pemerintah Korea Selatan bisa mengendalikan seluruh komputer yang ada di perkantoran, dikutip dari BBC.

Teknologi yag tidak dijelaskan seecara detil ini akan membuat pemerintah Korea Selatan mudah menonaktifkan seluruh komputer di kantor pada jam tertentu, yakni mulai jam 20.00.

Kebijakan ini baru akan diimplementasikan oleh pemerintah ibukota Seoul. Rencananya kebijakan ini akan diberlakukan mulai tanggal 30 Maret 2018 nanti selama tiga bulan.

Korea Selatan bukan yang pertama menggunakan teknologi untuk mendorong pekerja kantoran bekerja tepat waktu. Di Jepang, ada drone yang dijual untuk mengusir pekerja dari ruangan kantor.

Perusahaan bernama Taisei mencipatakan drone otonom bernama T-Frend yang akan terbang sambil memutar musik tanda jam pulang kerja di sekitar pekerja sehingga mereka terganggu.

Harganya langganannya sekitar USD443 (Rp6 juta). Harga tersebut adalah investasi yang baik dibandingkan kondisi kesehatan pekerja yang diacuhkan.

Sudah banyak kasus kematian mendadak pada kalangan pekerja kantoran di Jepang. Ini akibat mereka tidak menyadari batas daya tahan tubuh mereka. Kejadian ini dikenal dengan istilah Karoshi.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.