Google dan Fitbit Garap Perangkat Kebugaran Berikutnya

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 02 May 2018 12:10 WIB
fitbit
Google dan Fitbit Garap Perangkat Kebugaran Berikutnya
Fitbit bekerja sama dengan Google untuk mengembangkan perangkat pelacak kesehatan generasi selanjutnya.

Jakarta: Google dan Fitbit bekerja sama memperbaiki upaya pelacak kebugaran dalam menangani data kesehatan pengguna.

Produsen pelacak fitness ini mengumumkan bahwa perusahaannya akan mengimplementasikan API Healthcare milik Google untuk menyampaikan data kesehatan kepada sistem pencatatan medis elektronik (EMR) yang digunakan dokter dan rumah sakit.

Tujuan utama upaya kedua perusahaan ini adalah untuk menyediakan pelaku industri medis informasi yang lebih komprehensif terkait pasien mereka, sehingga dapat menyajikan perawatan lebih personal, sesuai dengan kebutuhan.

Kehadiran informasi kesehatan yang stabil juga diharapkan dapat membantu dokter untuk mengidentifikasi, sehingga tidak mengalami kesulitan dalam mendiagnosa penyakit dan melakukan tindakan.

Fitbit menyebut bahwa kerja sama dengan Google memberikannya peluang untuk mengubah cara perusahaan dalam meningkatkan skala bisnis.

Selain itu, kerja sama ini juga disebut memungkinkan Fitbit untuk menjangkau lebih banyak penngguna di seluruh dunia dengan lebih cepat, serta meningkatkan pengalaman yang ditawarkan kepada pengguna dan sistem kesehatan.

Kolaborasi juga disebut akan mengakselerasi fase inovasi untuk mendefinisikan generasi selanjutnya dari perangkat kesehatan dan wearable.

Kedua perusahaan mengalami sejumlah masalah dalam beberapa tahun terakhir, dengan Fitbit mengalami kekalahan dalam persaingan dengan Samsung, Apple, dan produsen smartwatch lain.

Google kemudian mencoba peruntungannya di ranah ini dengan menghadirkan Android Wear yang berganti nama menjadi Wear OS, menjadi alternatif untuk watchOS dan Tizen. Namun, kerja sama baru ini diperkirakan dapat menjadi indikator hal lebih besar dan lebih baik yang akan dihadirkan kedua perusahaan.

Sebelumnya, Evan Blass kembali membocorkan informasi terkait produk yang belum diluncurkan. Kali ini, Blass mengunggah informasi terkait nama yang akan diusung oleh smartwatch kedua Fitbit, yaitu Fitbit Versa.

Selain itu, sumber lain yang juga membocorkan informasi terkait Fitbit Versa, menyebut bahwa Fitbit ingin jam tangan cerdas generasi keduanya ini menarik perhatian lebih banyak konsumen dan lebih umum.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.