April Mop, Snapchat Ledek Facebook

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 02 Apr 2018 08:22 WIB
media sosialfacebooksnapchat
April Mop, Snapchat Ledek Facebook
Snapchat meledek Facebook pada 1 April.

Jakarta: Snapchat memanfaatkan momen April Mop kemarin untuk meledek saingan beratnya, Facebook.

Tahun ini, Snapchat membuat filter yang menunjukkan seolah-olah Anda mengunggah foto ke Facebook. Hanya saja, bagian Anda "mengunggah gambar profil" tertulis dalam Kiril -- alfabet Rusia. 

Dalam filter tersebut, juga akan tertulis beberapa orang yang menyukai foto Anda, yaitu "Ibumu", "A bot" dan "dua lainnya". Semua tulisan itu tertulis dalam teks yang terlihat serupa alfabet Kiril, lapor Recode. 
 

Cemooh Snapchat ini cukup agresif, mengingat Facebook memang mendapatkan kritik keras karena dianggap gagal untuk mengantisipasi iklan yang dibuat oleh Rusia untuk ikut campur dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2016.

Selain Facebook, perusahaan besar asal Silicon Valley lain juga mendapatkan kritik serupa, seperti Twitter, Google dan forum internet Reddit. Menariknya, Snapchat tidak tertarik dalam pusaran skandal tersebut. 

Memang, selama ini, Snapchat tidak segan untuk menyerang Facebook, media sosial raksasa yang merupakan induk Instagram.

Instagram meniru fitur Stories pada Snapchat dan mendapatkan pengguna dengan sangat cepat. Hal ini adalah salah satu masalah yang kini dihadapai oleh Snap, dan menyebabkan performa bisnisnya kurang baik. 

Tahun lalu, Snapchat membut filter yang memungkinkan seseorang untuk mengambil foto dan membuatnya terlihat seolah-olah mereka sedang mengunggah foto ke Instagram. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.