Sony Xperia XA3 Siap Meluncur, Ini Bocorannya

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 31 Jul 2018 09:23 WIB
sony
Sony Xperia XA3 Siap Meluncur, Ini Bocorannya
Sony Xperia XA3 dilaporkan menerima sertifikasi dari badan regulasi telekomunikasi Tiongkok, TENAA.

Jakarta: Sony Mobile memiliki lini ponsel baru yang akan tersedia di pasar pada kuartal tiga mendatang, dan salah satu perangkat tersebut dilaporkan sebagai XA3.

Smartphone yang belum diluncurkan ini muncul di Eropa pada minggu lalu dengan nomor model Sony H4413. Belum tersedia spesifikasi perangkat tersebut.

Baru-baru ini, smartphone Sony dengan nomor model yang sama menerima sertifikasi dari TENAA, badan regulasi Tiongkok, mengindikasikan bahwa Xperia XA3 akan menjadi ponsel global.

Sayangnya, dokumen ini tidak mencantumkan informasi detil terkait ponsel selain informasi dukungan LTE dan sistem operasi Android.

Belum ada penjelasan secara detil generasi Android yang digunakan smartphone ini, Android Oreo atau Android P. Sejumlah pihak meragukan bahwa perangkat kelas menengah akan menjadi perangkat pertama bersistem operasi Android P.

Sony Xperia XA3 ini menjadi perangkat yang menandai kemunculan kembali seri Xperia XA ke pasar, serta menandai upaya Sony untuk menghadirkan perangkat pada seri ini setidaknya satu tahun lagi.

Informasi lebih detil terkait dengan produk terbaru perusahaan asal Jepang ini dilaporkan akan dirilis pada 30 Agustus mendatang.

Sebelumnya, setelah beredar bocoran informasi yang mengindikasikan bahwa Xperia XZ3 dan XZ3 Premium tengah dikembangkan, Sony mengonfirmasi bahwa perusahaannya akan menghelat acara konferensi pers dan pengumuman produk di ajang IFA 2018.

Pada acara ini, Sony juga akan mengumumkan generasi selanjutnya Xperia XZ3, yang akan hadir dengan layar berasio aspek 18:9 dan bodi berbalut bahan kaca dengan sudut membulat.

Berbeda dengan Xperia XZ2, perangkat terbaru Sony ini akan hadir dengan total empat kamera, dengan dua kamera di bagian belakang serupa Xperia XZ2 Premium, serta dua kamera di bagian depan.

Sementara itu, bergabung dengan dengan Xperia XA2 dan XA2 Ultra yang diumumkan pada bulan Januari lalu, Sony diam-diam mengumumkan Xperia XA2 Plus, merupakan versi modifikasi dari XA2 Ultra.

Secara eksternal, perubahan terbesar terlihat pada panel layar berasio aspek 18:9 dengan ukuran 6 inci serupa XA2 Ultra. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.