Alexa Sekarang Lebih Paham Musik

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 04 Sep 2017 12:43 WIB
amazon
Alexa Sekarang Lebih Paham Musik
Amazon menghadirkan kemampuan baru pada Alexa melalui fitur Today in Music.

Metrotvnews.com: Amazon menghadirkan kemampuan baru untuk asisten digital karyanya, Alexa. Fitur ini memungkinkan Alexa untuk memberitahukan pengguna informasi terbaru terkait musisi favorit mereka. Alexa juga kini memiliki kemampuan untuk memberitahukan informasi baru dan utama dari berbagai sumber berita dan podcast.

Kemampuan tersebut tersedia pada fitur "Today in Music", yang berfungsi untuk menyuguhkan berita, peluncuran, serta fitur Prime dan Unlimited terbaru terkait musik, juga trivia musik dan komentar eksklusif dari sejumlah seniman. Seluruh informasi tersebut diklaim akan dikurasikan oleh ahli di Amazon Music.

Selain itu, ahli tersebut juga diklaim akan menyisipkan informasi terkait daftar putar atau stasiun yang baru saja mereka luncurkan. Untuk dapat memanfaatkan kemampuan tersebut, pengguna perlu menambahkan Flash Briefing melalui aplikasi Alexa atau memperolehnya dari halaman yang disediakan oleh Amazon.

Pengguna juga dapat memberikan perintah suara kepada Alexa, berupa "enable Today in Music", untuk mengaktifkan kemampuan tersebut. Setelah aktif, pengguna dapat mendengarkan berita terkait musik kapan saja melalui perintah "what's in the news" atau "what's my Flash Briefing".

Sementara itu, Amazon dilaporkan mengalami kesulitan dalam memasuki pasar Asia Tenggara akibat sejumlah permasalahan yang dihadapinya. Sejumlah permasalahan tersebut termasuk infrastruktur transportasi dan banyaknya masyarakat yang belum memiliki rekening bank.

Sebelumnya, Amazom juga dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi messaging buatannya sendiri, bernama Anytime. Perusahaan retail raksasa tersebut telah mulai melakukan survei pada pelanggannya terkait fitur yang harus mereka tanamkan dalam aplikasi buatan mereka ini. Namun, masih belum diketahui seperti apa bentuk akhir dari aplikasi tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.