Apple Lawan Aplikasi Palsu di App Store

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 16 Sep 2017 17:23 WIB
apple
Apple Lawan Aplikasi Palsu di App Store
Apple ingin mengurangi jumlah aplikasi palsu di App Store. (Kaspersky)

Metrotvnews.com: Aplikasi pemindai virus bohongan telah ada di App Store sejak lama. Akhirnya, Apple tampaknya akan melarang keberadaan aplikasi tersebut melalui perubahan peraturan untuk developer terbarunya. 

Dalam peraturan baru tersebut, Apple melarang aplikasi yang mengklaim menyediakan konten atau layanan yang sebenarnya tidak ia tawarkan. Menurut The Verge, itu artinya aplikasi pemindai virus dilarang masuk ke App Store karena aplikasi pihak ketiga sebenarnya tidak mungkin bisa memindai sistem dan mencari virus di iOS. 

Aplikasi pihak ketiga tidak mungkin melakukan ini karena sistem buatan Apple memang mencegah aplikasi untuk terhubung langsung dengan satu sama lain atau dengan sistem inti dari sistem operasi iOS. Sebelum ini, Apple memang telah menghapus berbagai aplikasi anti-malware dan anti-virus palsu dari toko aplikasinya.

Namun, peraturan baru ini menunjukkan bahwa Apple akan mengetatkan peraturan di App Store, mencegah aplikasi palsu masuk ke dalamnya. Selain itu, Apple juga menambahkan peraturan baru untuk developer terkait penggunaan Face ID dan platform augmented reality ARKit.

Apple menyebutkan, aplikasi ARKit harus menawarkan pengalaman yang kaya. Mereka tidak ingin App Store dibanjiri dengan aplikasi sederhana yang hanya menampilkan satu objek. Selain itu, mereka juga membatasi cara developer memanfaatkan Face ID. 


(MMI)