Rilis Artikel Soal Hacker, BuzzFeed Diretas

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 06 Oct 2016 06:53 WIB
cyber security
Rilis Artikel Soal Hacker, BuzzFeed Diretas
Halaman BuzzFeed yang diambil alih oleh OurMine. (The Verge)

Metrotvnews.com: Setelah membocorkan identitas salah satu anggota grup hacker, BuzzFeed diserang oleh kelompok tersebut.

OurMine mengganti beberapa judul artikel BuzzFeed menjadi "Hacked by OurMine" dan menuliskan sebuah catatan di bagian badan artikel untuk tidak "membuat artikel bohong tentang kami lagi."

Para hacker itu juga mengklaim telah berhasil menguasai database BuzzFeed dan mengancam akan membocorkannya.

OurMine tidak memberitahu jenis informasi apa saja yang ada dalam database yang mereka klaim telah mereka kuasa ini, seperti yang disebutkan oleh The Verge.

Peretasan ini terjadi setelah BuzzFeed membuat artikel tentang OurMine, menceritakan tentang seorang remaja yang diduga merupakan anggota kelompok hacker tersebut.

Pada awalnya, OurMine membantah laporan BuzzFeed dalam sebuah pernyataan, mengatakan bahwa remaja itu tidak lebih dari sekadar penggemar. Namun, serangan ini justru membuat pernyataan mereka sebelum ini menjadi meragukan.

Beberapa bulan belakangan, OurMine bertanggung jawab atas peretasan dari beberapa akun media sosial orang-orang terkenal, seperti CEO Facebook, Google dan Twitter. Selain itu, mereka juga meretas situs Variety dan mengirimkan email pada para pelanggannya bahwa OurMine sedang "menguji keamanan Anda."



BuzzFeed telah menarik kembali halaman yang telah diubah oleh OurMine dalam hitungan beberapa menit. Mereka berkata, kini mereka sedang berusaha untuk mengembalikan artikel-artikel mereka, termasuk laporan tentang OurMine.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.