Sandiaga Ingin Jakarta Jadi Episentrum Digital

Antara    •    Jumat, 11 Nov 2016 17:11 WIB
teknologipilkada dki 2017
Sandiaga Ingin Jakarta Jadi Episentrum Digital
Ilustrasi. (Forbes)

Metrotvnews.com: Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menginginkan Jakarta tidak hanya menjadi sekadar pasar tetapi menjadi episentrum atau pusat pengembangan bisnis digital sehingga para pengusaha muda diharapkan bisa mendorong hal tersebut.

"Jakarta masih menjadi pasar digital. Belum menjadi episentrum digital," kata Sandiaga Uno dalam rilis Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta, Jumat.

Untuk itu, Sandiaga mengimbau kepada pengusaha muda yang tergabung dalam Hipmi agar mampu menciptakan teknologi digital untuk mendorong perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia khususnya di ibu kota.

Sandiaga juga menyebutkan, selama 10 bulan dirinya berkeliling mengunjungi warga Jakarta, masih banyak warga masyarakat yang belum merasakan manfaat teknologi digital.

"Dari 60 persen masyarakat menengah, sebesar 10-15 persen masih hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka bahkan belum mampu menggunakan teknologi digital. Untuk itu, Hipmi harus melahirkan pahlawan digital untuk menciptakan inovasi-inovasi baru sebagai solusi atas problematika warga Jakarta selama ini," katanya.

Sandiaga menambahkan, sebenarnya sudah ada beberapa aplikasi digital yang diciptakan oleh pengusaha startup dalam negeri untuk membantu masyarakat khususnya pedagang kecil dalam mendistribusikan produk dagangan mereka, hanya saja aplikasi ini belum bisa dirasakan sepenuhnya oleh pelaku usaha dan konsumen.

Dia juga mengutarakan harapannya agar kehadiran perusahaan finansial teknologi bisa memberikan solusi bagi UMKM dengan memberikan harga bahan-bahan pokok yang lebih murah dan juga menciptakan lahan pekerjaan baru yang mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Sebelumnya, relawan pendukung calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang tergabung dalam Insider (Anies-Sandiaga Digital Volunteer) mengandalkan dukungan dari kekuatan akar rumput.

"Insider akan terus bergerak menjaring kekuatan dukungan netizen dari akar rumput," kata Koordinator Insider Anthony Leong, di Jakarta, Kamis (27/10).

Menurut Anthony, saat ini masih banyak yang bergabung setelah timnya menyosialisasikan program kerja dan menawarkan solusi Anies-Sandiaga bagi warga Jakarta.

Dia juga mengemukakan, Insider terus menyoroti masalah yang menjadi problematika di Jakarta untuk dikaji lebih lanjut, karena prioritas perhatian bagi Anies-Sandi adalah kesejahteraan untuk semua. Melalui kampanye positif di media sosial, Anthony yang juga merupakan pakar pemasaran digital itu juga ingin menciptakan kampanye yang sejuk dan damai.

"Jejaring sosial kini telah menjadi milik siapa saja, tak terkecuali masyarakat akar rumput yang kini telah aktif di berbagai media sosial," katanya.

Selain lewat media sosial, ucapnya, kampanye dengan cara konvensional juga masih perlu dilakukan selama masih dalam koridor yang tepat, tidak mengganggu ketertiban umum, dan berlangsung damai.


(ABE)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.