Spectacles Baru Snap Punya Dua Kamera dan AR?

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 21 Nov 2018 07:51 WIB
snapchat
Spectacles Baru Snap Punya Dua Kamera dan AR?
Snap Inc. dikabarkan akan segera merilis generasi ketiga dari Spectacles, berkodenama Newport.

Jakarta: Snap Inc dikabarkan segera merilis generasi ketiga dari kacamata karyanya bertajuk Spectacles. Kacamata ini akan diluncurkan sebelum tahun 2018 ini berakhir, dan hadir sedikit berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Menurut situs Cheddar, Spectacles generasai ketiga akan berbekal dua kamera berkemampuan merekam video. Hal ini berbeda dengan dua generasi pertama Spectacles yang hanya berbekal satu kamera.

Kamera ini memungkinkan pengguna mengetuk tombol untuk merekam video berdurasi 10 detik. Secara keseluruhan, kamera perangkat dapat merekam video berdurasi 30 detik secara bersamaan dan diunggah ke media sosial tersebut.

Model generasi kedua Spectacles, yang diperkenalkan pada awal tahun ini, berbekal upgrade resolusi video ke HD dan dibekali dengan kemampuan bagi pengguna untuk melakukan siaran video secara langsung.

Versi ketiga yang akan diluncurkan Snap Inc. dirumorkan mengusung kodenama Newport, akan hadir dengan bodi berbahan alumunium, bukan plastik. Snap diprediksi akan menawarkan perangkat ini dengan harga USD350 (Rp5,1 juta).

Harga tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan generasi kedua Spectacles, seharga USD129,99 (Rp1,9 juta). Dengan bekal dua kamera pada Spectacles baru, pengguna akan dapat menikmati fitur Augmented Reality (AR).

Fitur tersebut termasuk kemampuan untuk menempatkan lensa AR secara langsung pada klip video yang direkam di dunia nyata. Kacamata unik yang diperuntukan bagi jejaring sosial Snapchat ini juga diperkirakan akan didukung oleh efek foto 3D.

Sementara itu, sejumlah pihak meragukan kemampuan Snap Inc. dalam memasarkan Spectacles ketiga ini lebih baik dari dua generasi lainnya, mengingat penawaran harga yang tergolong jauh lebih tinggi.

Sebab, Snap Inc. dilaporkan masih memiliki stok Spectacles generasi pertama yang belum terjual, bernilai USD40 juta (Rp586,7 miliar).

Snapchat juga dilaporkan mulai kehilangan penggunanya, menyebabkan saham perusahaan menurun dari USD14,47 (Rp212.264) menjadi USD6,12 (Rp89.775) dalam kurun waktu enam bulan terakhir.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.