MacBook Pro Pasang AMD Radeon Vega

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 08 Nov 2018 07:13 WIB
appleamdhardware
MacBook Pro Pasang AMD Radeon Vega
Kartu grafis diskrit AMD Radeon Vega.

Jakarta: AMD mengumumkan Radeon Vega hadir di MacBook Pro. Persisnya untuk MacBook Pro 15 inci yang akan hadir di pasar pada akhir November.

Dijelaskan oleh pihak AMD, Radeon Vega Mobile yang ditanamkan diklaim mendukung performa proses rendering 3D, kegiatan penyuntingan foto dan video serta aplikasi kreativitas lainnya termasuk pengalaman gaming game kelas AAA di kualitas grafis ultra 1080p.

"Grafis Radeon Vega Mobile meningkatkan standar performa pada notebook, memberikan performa terbaik bagi dua segmentasi: yaitu performa luar biasa untuk aplikasi kreatif dan juga visual gaming," ungkap Corporate VP and GM Radeon technologies Group AMD Scott Herkelman.

Kartu grafis diskrit AMD Radeon Vega Mobile terbaru ini ditenagai arsitektur AMD Vega yang dibentuk sebagai prosesor setipis kartu dengan memori HBM (High Bandwith Memory) Generasi Kedua.

Teknologi ini diklaim lebih hemat ruang dibandingkan yang menggunakan prosesor grafis berbasis GDDR5 tradisional. Ada dua jenis kartu grafis diskrit AMD Radeon Vega Mobile yang ditawarkan sebagai opsi di MacBook Pro dan notebook lainnya, yatu Radeon Pro Vega 20 dan Pro Vega 16.

Generasi sleanjutnya dari arsitektur komputasi (nCU) Vega dan rapid Packed Math memberikan kemampuan komputasi yang cepat untuk kegiatan pengolahan grafis.

Pada akhir November nanti Apple akan merilis dua varian MacBook Pro 15 inci yang menggunakan kartu grafis diskrit AMD Radeon Pro Vega 20 dan Pro Vega 2016. Seperti yang diketahui bahwa Apple mengenalkan notebook terbarunya tersebut di akhir Oktober.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.