Dituduh Jual Rahasia Teknologi, Penyuplai Samsung Dituntut

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 30 Nov 2018 16:01 WIB
samsung
Dituduh Jual Rahasia Teknologi, Penyuplai Samsung Dituntut
Samsung tuntut penyuplainya. (AFP PHOTO / JUNG Yeon-Je)

Jakarta: Jaksa penuntut Korea Selatan menuntut CEO dan delapan karyawan dari Toptec Co atas tuduhan menjual informasi terkait layar OLED fleksibel milik Samsung pada perusahaan pesaing dari Tiongkok.

Dalam tuntutan itu, dijelaskan bahwa Toptec mendapatkan lebih dari USD13,8 juta untuk informasi tersebut. Toptec adalah penyuplai Samsung yang memproduksi perangkat terkait layar. Mereka membantah tuduhan ini dalam pernyataan resmi.

"Perusahaan kami tidak pernah memberikan rahasia bisnis atau teknologi dari Samsung Display ke klien Tiongkok. Perusahaan kami akan bekerja sama terkait proses hukum untuk mengetahui kebenaran kasus ini di pengadilan," kata Toptec, seperti yang dikutip dari TechCrunch. Nilai saham perusahaan turun 20 persen setelah berita ini muncul.

Layar fleksibel mungkin membuat Anda berpikir tentang ponsel lipat yang Samsung pamerkan pada bulan ini.

Namun, sebenarnya, Samsung telah mengembangkan layar fleksibel selama bertahun-tahun. Sekarang, lekukan pada layar mereka tidak semencolok pada ponsel lama mereka, seperti Galaxy S6 Edge.

Perusahaan Tiongkok yang dituduh menerima rahasia Samsung tidak disebutkan namanya meski ada beberapa perusahaan yang memproduksi layar fleksibel untuk smartphone.

Kepentingan pemerintah Korea Selatan terkait erat dengan bisnis Samsung. Karena itu, kemungkinan pencurian properti intelektual adalah sesuatu yang mereka tanggapi dengan sangat serius.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.