Startup Indonesia Jadi Juara Kompetisi di Inggris

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 21 Nov 2016 22:50 WIB
startup
Startup Indonesia Jadi Juara Kompetisi di Inggris
Startup asal Indonesia, yaitu ASTRAJINGGA, memenangi kompetisi HiSTAR 2016.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ajang kompetisi startup HiSTAR 2016 yang digelar di Inggris telah berakhir, dan menasbihkan ASTRAJINGGA sebagai pemenangnya. Kompetisi ini digagas oleh China-UK HiTECH Innovation and Entrepreneurship Forum.

Pada kompetisi ini, ASTRAJINGGA berhasil mengungguli 300 startup yang mendaftarkan diri dari seluruh dunia, dan masuk ke deretan 50 startup terpilih, hingga masuk ke 20 besar peserta yang akan bersaing di tingkat final.

ASTRAJINGGA merupakan startup peserta asal Indonesia, yang berhasil menjuarai kompetisi ini berkat proyek berjudul Monicca dan Halal Local. Kedua proyek tersebut merupakan aplikasi robo-advisor, penasihat keuangan digital dan otomatis yang didukung oleh sistem kecerdasan buatan (AI), serta aplikasi marketplace dan informasi terkait wisata halal di Indonesia.



Berupa aplikasi smartphone, Monicca diklaim mampu membantu pengguna mengelola keuangan untuk mencapai tujuan finansial dan portofolio yang diinginkan. Versi final aplikasi ini diperkirakan tersedia pada bulan Januari 2017, dengan versi Android terlebih dahulu.

Sementara itu, aplikasi Halal Local memudahkan pengguna smartphone untuk mencari informasi, sekaligus memesan berbagai akomodasi seperti restoran, hotel dan homestay, tour guide, dan tempat beribadah bagi wisatawan beragama Islam. Versi akhir aplikasi ini diperkirakan akan pada akhir bulan November ini.

Selain memenangkan hadiah uang sebesar GBP50 ribu atau sekitar Rp800 juta dan belum termasuk dana investasi. ASTRAJINGGA juga berkesempatan untuk mengikuti roadshow selama sembilan hari, di sejumlah kota di Tiongkok. Kota tersebut yaitu Hangzhou, Changxin, dan Nanning.

Sebagai pemenang kompetisi, ASTRAJINGGA juga mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan China-UK HiTECH Innovation and Entrepreneurship Forum.

Kerja sama ini sekaligus menandai dukungan pemerintah Changxin dan Nanning terhadap pengembangan kedua proyek ASTRAJINGGA tersebut di Tiongkok.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /