Startup Indonesia Jadi Juara Kompetisi di Inggris

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 21 Nov 2016 22:50 WIB
startup
Startup Indonesia Jadi Juara Kompetisi di Inggris
Startup asal Indonesia, yaitu ASTRAJINGGA, memenangi kompetisi HiSTAR 2016.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ajang kompetisi startup HiSTAR 2016 yang digelar di Inggris telah berakhir, dan menasbihkan ASTRAJINGGA sebagai pemenangnya. Kompetisi ini digagas oleh China-UK HiTECH Innovation and Entrepreneurship Forum.

Pada kompetisi ini, ASTRAJINGGA berhasil mengungguli 300 startup yang mendaftarkan diri dari seluruh dunia, dan masuk ke deretan 50 startup terpilih, hingga masuk ke 20 besar peserta yang akan bersaing di tingkat final.

ASTRAJINGGA merupakan startup peserta asal Indonesia, yang berhasil menjuarai kompetisi ini berkat proyek berjudul Monicca dan Halal Local. Kedua proyek tersebut merupakan aplikasi robo-advisor, penasihat keuangan digital dan otomatis yang didukung oleh sistem kecerdasan buatan (AI), serta aplikasi marketplace dan informasi terkait wisata halal di Indonesia.



Berupa aplikasi smartphone, Monicca diklaim mampu membantu pengguna mengelola keuangan untuk mencapai tujuan finansial dan portofolio yang diinginkan. Versi final aplikasi ini diperkirakan tersedia pada bulan Januari 2017, dengan versi Android terlebih dahulu.

Sementara itu, aplikasi Halal Local memudahkan pengguna smartphone untuk mencari informasi, sekaligus memesan berbagai akomodasi seperti restoran, hotel dan homestay, tour guide, dan tempat beribadah bagi wisatawan beragama Islam. Versi akhir aplikasi ini diperkirakan akan pada akhir bulan November ini.

Selain memenangkan hadiah uang sebesar GBP50 ribu atau sekitar Rp800 juta dan belum termasuk dana investasi. ASTRAJINGGA juga berkesempatan untuk mengikuti roadshow selama sembilan hari, di sejumlah kota di Tiongkok. Kota tersebut yaitu Hangzhou, Changxin, dan Nanning.

Sebagai pemenang kompetisi, ASTRAJINGGA juga mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan China-UK HiTECH Innovation and Entrepreneurship Forum.

Kerja sama ini sekaligus menandai dukungan pemerintah Changxin dan Nanning terhadap pengembangan kedua proyek ASTRAJINGGA tersebut di Tiongkok.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

2 days Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.