Bos Boeing: Manusia Pertama di Mars akan Naik Roket Boeing

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 06 Oct 2016 12:54 WIB
boeing
Bos Boeing: Manusia Pertama di Mars akan Naik Roket Boeing
Ilustrasi. (Boeing)

Metrotvnews.com: CEO Boeing, Dennis Muilenburg berkata bahwa Boeing akan mengalahkan SpaceX dan menjadi perusahaan pertama yang mengantarkan manusia ke Mars. Mengingat kompetisi mendorong inovasi, maka hal ini adalah kabar baik.

Muilenburg berkata bahwa dia yakin, orang pertama yang menjejakkan kaki di Mars akan tiba di sana menggunakan roket Boeing. Bloomberg melaporkan, hal ini Muilenburg sampaikan dalam konferensi yang diadakan di Chicago pada hari Selasa kemarin.

Saat ini, Boeing sedang mengerjakan proyek Space Launch System, yaitu roket yang memiliki fungsi yang sama dengan Interplanetary Transport System milik SpaceX. Detail mengenai ITS sendiri telah disampaikan oleh CEO SpaceX Elon Musk pada acara International Astronautical Congress minggu lalu. 

Menurut TechCrunch, Boeing dan SpaceX memang sudah menjadi rival sejak lama. Keduanya saling bersaing memperebutkan kontrak penerbangan komersil ke luar angkasa dari NASA. Rencana Boeing untuk mencapai Mars melibatkan pengembangan yang didanai NASA -- yang membutuhkan dana setidaknya USD60 miliar (Rp779,5 triliun) -- sebelum misi ke Mars dengan awak manusia dapat dilakukan paling cepat di akhir tahun 2030-an.

Sementara itu, Musk menyebutkan, di awal ketersediaan, tiket penerbangan ke Mars dapat dihargai hingga USD500 ribu (Rp6,5 miliar), meski nantinya, harga ini akan turun hingga USD100 ribu (Rp1,3 miliar). Namun, untuk merealisasikan misi ambisius ini, SpaceX akan memerlukan dana yang tidak kecil, yang akan didapat dari pendanaan publik dan pendanaan pribadi, termasuk dari Musk sendiri.

Jika Boeing dan SpaceX memang benar bersaing untuk membawa manusia ke Mars, maka hal ini akan mendorong kompetisi yang akan melahirkan inovasi sehingga rencana manusia ke Mars akan dapat menjadi nyata.




(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.