Samsung Segera Hadirkan Kacamata Cerdas?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 15 Feb 2018 08:39 WIB
samsung
Samsung Segera Hadirkan Kacamata Cerdas?
Samsung mendaftarkan logo merek dagang baru, dilaporkan untuk produk kacamata cerdas.

Jakarta: Samsung dilaporkan mendaftarkan merek dagang baru berupa logo, menyerupai gambar mata manusia dalam posisi miring, dengan deskripsi pada dokumen yang menarik. Logo ini disebut akan digunakan untuk kacamata cerdas.

Selain itu, dokumen merek dagang tersebut juga menyebut bahwa logo ini untuk aksesori mata mendukung penglihatan yang terkomputerisasi, terdiri dari kamera atau komputer atau layar untuk merekam atau memproses atau menampilkan gambar.

Dokumen merek dagang tersebut juga mencantumkan bahwa logo ini ditujukan untuk aksesori pendukung penglihatan dengan bekal hardware komputer yang akan dimanfaatkan untuk menganalisa dan mengonfigurasi.

Sebelumnya, Samsung telah merencanakan kacamata cerdas sejak tahun 2013, saat perusahaan asal Korea Selatan ini mendapatkan izin paten dari Korean Patent Office. Pada tahun setelahnya sejumlah tanggal perilisan palsu beserta informasi detil terkait fitur yang akan mendukungnya.

Fitur tersebut termasuk kemampuan memproyeksikan obyek dengan teknologi Augmented Reality, dan potensi untuk berinteraksi dengan obyek tersebut. Namun kemudian, informasi terkait kacamata ini tidak lagi terdengar.

Logo ini juga diperkirakan terkait dengan produk yang berkenaan dengan penglihatan. Samsung telah berkecimpung di industri peralatan kesehatan selama beberapa waktu, dan alat bantu penglihatan tercantum sebanyak beberapa kali pada deskripsi merek dagang tersebut.

Sementara itu, njong Rhee, mantan CTO di Samsung Mobile, akan bergabung dengan Google. Rhee bergabung dengan Samsung Electronics pada 2011 dan berperan penting dalam pengembangan Knox, platform keamanan enterprise milik Samsung dan juga solusi pembayaran Samsung Pay. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.