Google Ikut Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 30 Oct 2017 07:01 WIB
googlestartupdigitalnkri
Google Ikut Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital
(Ki-ka) Semuel Abrijani Pangerapan - Director General for Informatics Application Ministry of Communication and Informatics Republic of Indonesia, Shinto Nugroho - Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia, and Yansen Kamto - Chief E

Metrotvnews.com, Jakarta: Google menyatakan akan turut membantu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mewujudkan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sebelum tahun 2020 nanti.

Kerja sama dengan tiga lembaga yang juga terdiri dari lokal dan internasional ini diharapkan bisa mempercepatkan dan meningkatkan kualitas startup yang dihasilkan lewat program pemerintah.

“Melalui Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, kami di Google ingin menyumbangkan sumber daya dan keahlian kami untuk membantu pemerintah meraih target tahun 2020 mereka. Kami ingin memperluas potensi internet di Indonesia bagi semua orang melalui inovasi dan edukasi,” ungkap Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen.

Seperti yang diketahui, Google sebelumnya juga memiliki komitmen untuk mleatih 10 ribu developer di Indonesia sebelum tahun 2020. Saat ini, sudah terkumpul lebih dari 43 ribu developer yang mengikuti pelatihan Google melalui berbagai program. Google sendiri berencana memasukkan program yang selama ini sudah mereka gelar ke dalam Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Salah satunya adalah program Google Developers Launchpad, yang menyertakan para ahli dan mentor terbaik di dunia. Program lain seperti Launchpad Accelerator juga akan kembali diadakan.

Program ini merupakan akselerasi selama 6 bulan untuk para startup di negara berkembang dan mendapatkan pelatihan dan mentoring serta pendanaan bebas-saham lebih dari USD 1 juta. Indonesia sendiri sudah memiliki lebih dari 20 startup yang lulus program ini.

Selama 3 hari nantinya Google juga akan melatih 20 mentor Launchpad serta 40 mentor lokal yang telah menjadi bagian penting dari Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital. Pada hari ke-2, ada lebih dari 25 startup lokal yang mendapatkan bimbingan pribadi, dan di hari ke-3 akan diberikan pelatihan bagi para calon mentor.

“Kemitraan strategis ini akan membantu pertumbuhan para startup dan juga pertumbuhan ekosistem teknologi lokal," tutur Executive Director Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, Enda Nasution.


(MMI)