Google Uji Kolom Pencarian Baru di Situs Mobile

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Mar 2018 07:52 WIB
google
Google Uji Kolom Pencarian Baru di Situs Mobile
Google menguji bar pencarian baru dan perubahan desain pada situs mobile miliknya.

Jakarta: Laporan terbaru menyematkan screenshot yang menampilkan bahwa Google tengah menguji bar pencarian membulat pada situs mobile miliknya. Selain bar pencarian baru tersebut, Google juga menghadirkan perbaikan lain.

Sejumlah perbedaan tersebut terlihat pada tampilan halaman situs mobile, dengan versi yang tengah diuji berbekal logo huruf G berbagai warna tersemat di sisi kiri bar pencarian baru, dan ikon pencari tidak lagi terdapat di dalam kotak biru.

Selain itu, bagian header bar pencarian yang terdiri dari All, Images, Videos, News, Maps dan Books, tidak lagi dihiasi oleh garis tegas serupa bingkai di kedua sisi dan sisi bawah. Perubahan bar pencarian ini menjadikannya lebih membulat di kedua sisi dan sesuai dengan tampilan yang digunakan Google pada Pixel Launcher.

Sebagai informasi, pengujian situs mobile dengan bar pencarian baru ditemukan di Swedia. Namun hingga saat ini, Google masih enggan memberikan pernyataan resmi terkait perubahan tersebut, ataupun informasi terkait dengan waktu peluncuran resminya.

Sebelumnya, Google menggulirkan fitur baru untuk Action dan mengusung nama Custom Device Actions. Fitur ini akan memungkinkan produsen perangkat untuk memperluas kehadiran Assistant dan menambahkan fungsionalitas bawaan khusus pada perangkat.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna Google Assistant  mengaktifkan tugas khusus, seperti siklus warna dari mesin cuci. Selain itu, Google juga mengumumkan bahwa pengguna akan dapat berlangganan notifikasi pada ponsel dari fitur Actions favorit.

Sementara itu, Google juga turut merayakan Hari Mario ini melalui update yang digulirkannya ke Google Maps. Melalui update tersebut, Google mengganti ikon lokasi dengan gambar Mario mengendarai mobil kesayangannya. Namun, gambar tersebut hanya akan tersedia di Google Maps selama satu pekan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.