Studi: Selfie Bikin Hidung Terlihat 30% Lebih Besar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 02 Mar 2018 14:45 WIB
selfie
Studi: Selfie Bikin Hidung Terlihat 30% Lebih Besar
Ilustrasi.

Jakarta: Mengambil selfie dari jarak sekitar 12 inci atau 30 sentimeter membuat ukuran hidung terlihat 30 persen lebih besar, menurut laporan dari JAMA Facial Plastic Surgery. 

Para peneliti kini meminta orang-orang yang tertarik untuk melakukan operasi plastik untuk tidak menjadikan foto selfie sebagai dasar untuk mengubah wajah mereka. 

"Para pasien, masyarakat, dan bahkan keluarga saya harus sadar bahwa jika selfie yang Anda ambil tidak menambilkan diri Anda yang sebenarnya," kata Boris Paskhover, ahli bedah plastik wajah di Rutgers New Jersey Medical School dan juga penulis utama dari studi ini. 

"Selfie membuat hidung Anda terlihat lebih tebal dan lebar dari sebenarnya dan orang-orang lebih suka hidung yang lebih kecil," kata Paskhover, seperti yang dikutip dari CNN.

"Saya takut, orang-orang tidak tahu hal ini. Mereka hanya tahu soal selfie."

Berkat media sosial seperti Facebook dan Instagram, selfie dengan cepat menjadi tren. Pada 2016, Anil Sabharwal, Vice President, Google Photos mengatakan bahwa ada 25 miliar selfie yang diunggah ke server mereka. Sebagai perbandingan, ada delapan miliar orang yang tinggai di Bumi. 

Tren selfie mungkin akan mendorong orang untuk melakukan operasi plastik berdasarkan tampilan mereka dalam foto, ujar Paskhover.

Menurut pemungutan suara yang dilakukan oleh American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgeons, 55 persen ahli bedah mengaku bahwa pasien mereka ingin melakuka operasi plastik untuk membuat mereka tampil lebih menarik di media sosial pada 2017. Angka ini naik dari 42 persen pada 2016. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.