Sengaja Bikin iPhone Lama Lambat, Apple Minta Maaf

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 29 Dec 2017 12:43 WIB
appleiphone
Sengaja Bikin iPhone Lama Lambat, Apple Minta Maaf
Apple memperlambat performa iPhone lama.

Jakarta: Apple baru saja merilis surat untuk para konsumen, meminta maaf atas "kesalahpahaman" terkait perlambatan performa iPhone lama setelah mereka mengaku bahwa mereka memang memperlambat iPhone lama dengan baterai tua. 

"Kami tahu sebagian dari Anda merasa Apple telah mengecewakan Anda," kata Apple. "Kami minta maaf."

Dalam suratnya, Apple menawarkan semua orang yang menggunakan iPhone 6 atau yang lebih baru diskon USD50 (Rp677 ribu) untuk pembelian baterai baru. Diskon ini mulai berlaku sejak akhir Januari sampai Desember 2018.

Apple juga berjanji untuk merilis beberapa fitur baru pada iOS untuk memberikan informasi terkait baterai ponsel pada awal 2018. Dengan begitu, pengguna akan tahu ketika baterai iPhone mereka tidak lagi mendukung performa maksimal. 

Menurut The Verge, ini adalah perubahan drastis dari sikap Apple 10 tahun lalu. Ketika iPhone pertama kali meluncur, Apple berkata bahwa kebanyakan pengguna iPhone tidak akan perlu mengganti baterai ponselnya. 

Pengguna iPhone sejak lama percaya bahwa Apple memperlambat performa iPhone lama untuk mendorong penjualan iPhone baru. Namun, pengakuan Apple membuat frustasi para pengguna iPhone memuncak, yang berakhir dengan berita negatif dan juga tuntutan dari beberapa pengguna iPhone.

Seolah itu tidak cukup buruk, Apple hanya mengaku bahwa mereka memperlambat iPhone lama setelah seorang developer menemukan performa iPhone miliknya kembali maksimal setelah dia mengganti baterainya. 

Performa dari iPhone 6, 6S, SE dan 7 perlahan menurun seiring dengan bertambahnya umur. Ketika baterai ponsel tidak lagi bisa memberikan daya yang cukup ke prosesor. Sebenarnya, satu tahun lalu, Apple telah menjelaskan akan adanya penurunan performa saat mereka meluncurkan iOS 10.2.1.

Ketika itu, Apple meluncurkan update untuk mengatasi masalah ponsel yang mati mendadak karena baterai tua tidak bisa memberikan daya yang cukup ke prosesor. 

Namun, saat itu, Apple tidak memberikan penjelasan detail terkat penurunan performa pada iPhone lama. Selain itu, benchmark terbaru menunjukkan bahwa penurunan performa yang terjadi lebih signifikan dari perkiraan awal. 


(MMI)

Advan i6, Menjanjikan di Harga Rp1,5 Juta
Review Smartphone

Advan i6, Menjanjikan di Harga Rp1,5 Juta

2 days Ago

Advan i6 menawarkan performa cukup baik untuk perangkat di kelas harga terjangkau, yaitu Rp1,5 …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.