Google Lens Hadir ke Lebih Banyak Ponsel

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 25 Feb 2018 14:56 WIB
google
Google Lens Hadir ke Lebih Banyak Ponsel
Google mengumumkan akan menghadirkan Google Lens di lebih banyak perangkat.

Jakarta: Google Lens hadir sebagai kecerdasan buatan (AI) atau Augmented Reality (AR) yang saat ini hanya dapat ditemukan pada perangkat lini Google Pixel. Fitur ini berfungsi untuk menjadikan pencarian lebih menarik, dengan menggunakan kamera.

Fitur ini bertugas mencari obyek yang pengguna potret menggunakan kamera, dan pertama kali diumumkan pada bulan Mei lalu pada ajang Google I/O 2017. Kini Google mengumumkan Google Lens akan segera hadir di perangkat lainnya.

Google Lens akan segera tersedia di smartphone unggulan karya produsen seperti Samsung, LG, Motorola, Sony, Huawei, dan Nokia (HMD). Namun, fitur ini baru dapat mendukung bahasa Inggris, dan dapat ditemukan di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman, Australia, India, Perancis, Italia, Spanyol dan Singapura.

Google dilaporkan diharuskan untuk memperluas cakupan ketersediaan Google Lens selain pada perangkat lini Pixel. Hal ini didorong oleh pendistribusian perangkat Pixel yang tergolong sedikit pada tahun lalu, yaitu sebanyak 3,9 juta unit.

Google Lens akan didistribusikan melalui update selanjutnya untuk aplikasi Google Photos di perangkat bersistem operasi Android dan iOS. Seluruh model iPhone menggunakan iOS 9 dan seterusnya akan menerima Google Lens.

Sebelumnya, Google mengumumkan rencananya menjadikan Assistant tersedia untuk konsumen di seluruh dunia. Sebesar 95 persen perangkat Android kompatibel di dunia akan mampu menginstal Google Assistant hingga akhir tahun 2018.

Bahasa pertama yang akan didukung Assistant versi Android dan iOS dalam beberapa bulan mendatang termasuk Denmark, Belanda, India, Indonesia, Norwegia, Swedia dan Thailand. Kemudian, Google menyebut akan menambahkan bahasa baru di masa mendatang.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.