Versi Beta Opera Android Punya VPN Gratis

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 08 Feb 2019 09:24 WIB
opera software
Versi Beta Opera Android Punya VPN Gratis
Opera merilis VPN gratis untuk peramban karyanya versi Android.

Jakarta: Privasi pengguna menjadi topik populer di tengah masyarakat, khususnya pelaku industri teknologi. Dengan penyebaran informasi lebih luas terkait kemampuan melacak data penyedia layanan internet (ISP), Virtual Private Network (VPN) juga semakin dikenal luas masyarakat untuk melindungi data.

Opera telah menawarkan VPN gratis untuk peramban versi desktop miliknya selama beberapa tahun terakhir. Kini, Opera juga menghadirkan VPN gratis untuk versi beta dari peramban Opera untuk Android.

Penawaran Opera ini menjadi opsi menarik untuk pengguna yang mencari VPN karena ditawarkan secara gratis, tanpa batas, dan no-log yang berarti Opera tidak menghimpun data dari kebiasaan penelusuran pengguna di peramban.

VPN dapat diaktifkan dengan mudah melalui menu pengaturan Opera Android versi beta, dan menawarkan opsi yang memungkinkan pengguna mengatur seolah-olah trafik Anda berasal dari Eropa, Amerika, atau Asia.

Selain itu, tersedia juga opsi yang memungkinkan mesin pencarian untuk mengacuhkan VPN agar memberikan hasil yang spesifik berdasarkan lokasi pengguna. Secara keseluruhan, penawaran ini dinilai sebagai ide yang menarik.

Namun, penawaran ini juga memiliki kekurangan yang cukup signifikan, karena hanya dapat melindungi data trafik di dalam peramban Opera. Pengguna masih harus membayarkan sejumlah biaya untuk memperoleh layanan VPN yang layak pada perlindungan level sistem operasi.

Perlindungan level sistem operasi tersebut akan melindungi data trafik pada seluruh aplikasi di ponsel, via enkripsi. 


(ELL)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.