Samsung Gear S4 dan Galaxy Tab S4 Bersiap untuk IFA 2018

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 19 Jun 2018 08:14 WIB
samsung
Samsung Gear S4 dan Galaxy Tab S4 Bersiap untuk IFA 2018
Samsung dilaporkan tidak akan meluncurkan GAlax Tab S4 dan Gear S4 bersamaan dengan Galaxy Note 9.

Jakarta: Berbeda dengan rumor yang sebelumnya beredar terkait produk yang akan diluncurkan di awal Agustus dan bersamaan dengan Galaxy Note 9, tablet ataupun smartwatch Samsung dilaporkan tidak akan dipamerkan pada acara peluncuran yang berlangsung di New York tersebut.

Samsung disebut akan memilih mengumumkan kedua produk ini setelah peluncuran Galaxy Note 9, diperkirakan bertepatan dengan penyelenggaraan ajang IFA 2018.

Jika informasi tersebut benar, ini dinilai sejumlah pihak bukanlah hal mengejutkan. Sebelumnya, Samsung memiliki riwayat memanfaatkan ajang tahunan IFA untuk mengumumkan jam tangan cerdas pengusung merek Gear karyanya.

Terkait dengan dua produk yang akan ditawarkan tersebut, tablet unggulan terbaru Samsung yaitu Galaxy Tab S4 diperkirakan akan hadir dengan layar berukuran 10,5 inci dan akan didukung  bezel lebih tipis jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Untuk menghadirkan layar luas dengan bezel tipis tersebut, Samsung juga diperkirakan mengorbankan keberadaan tombol Home fisik pada bagian bawah layar. Sementara itu untuk urusan dapur pacu, tablet Samsung ini diperkirakan akan didukung oleh Qualcomm Snapdragon 835 bersama dengan RAM 4GB.

Sedangkan untuk Gear S4, belum tersedia banyak informasi terkait dengan jam tangan cerdas ini selain informasi perangkat ini akan kembali menggunakan sistem operasi Tizen dan dibekali dengan baterai berkapasitas besar.

Menyoal ketersediaan, tablet terbaru Samsung ini diperkirakan akan ditawarkan dalam pilihan warna hitam dan abu-abu, sedangkan Gear S4 akan tersedia dalam pilihan warna hitam, perak, dan emas.

Sementara itu, Gear S4 berwarna hitam tersedia dalam model Frontier, sedangkan model Classic tersedia dalam warna perak dan emas.

Selain itu, Samsung Gear S4 juga diperkirakan akan tersedia dalam dua ukuran. Samsung dikabarkan akan menghadirkan Galaxy Note 9 dalam varian ruang penyimpanan 512GB, yang akan tersedia si sejumlah negara tertentu, dimulai secara eksklusif untuk pasar Korea Selatan dan Tiongkok.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.