Pengguna Instagram nantinya Boleh Mengunduh Data Pribadi

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 12 Apr 2018 08:34 WIB
instagram
Pengguna Instagram nantinya Boleh Mengunduh Data Pribadi
Instagram mengonfirmasi akan segera menghadirkan alat serupa Facebook, memungkinkan pengguna mengunduh informasinya.

Jakarta: Instagram mengonfirmasi akan memperkenalkan alat baru yang memungkinkan pengguna mengunduh data mereka.

Kehadiran alat baru tersebut menjadi tanggapan Instagram terkait dengan kontroversi yang dihadapi Facebook terkait caranya berbagi data pengguna.

Sebagai bagian dari tindakan ini, informasi yang diundah akan termasuk seluruh gambar dan video yang dibagikan pada jejaring sosial, serta unggahan atau Instagram Stories yang tersimpan di arsip pengguna. Selain itu, riwayat pesan langsung (DM), baik di percakapan pribadi maupun grup, juga akan tersedia untuk diunduh.

Saat ini, Instagram belum mengonfirmasi tanggal perilisan peralatan baru ini secara spesifik, namun diperkirakan meluncur bulan depan.

Prediksi tersebut didorong oleh hukum privasi GDPR Eropa yang akan diumumkan dan diberlakukan pada 25 Mei mendatang, mengharuskan seluruh jejaring sosial untuk menawarkan alat serupa.

Alat baru ini akan secara signifikan mengubah arah situs berbagi gambar tersebut. Hingga saat ini, masih belum dimungkinkan untuk mengunduh data dari situs tersebut, karena Instagram masih memblokir pengguna jika ingin mengunduh gambar mereka dari layanan.

Informasi terkait alat baru untuk jejaring sosial ini beredar setelah survey baru mengungkap lebih dari 60 persen pengguna Instagram percaya data mereka tidak aman akibat dimiliki oleh Facebook, dan tengah membagikan data mereka dengan pihak ketiga.

Selain itu, sejumlah pengacara di Amerika Serikat dan Inggris baru-baru bekerja sama untuk mendaftarkan tuntutan hukum terhadap Facebook dan sejumlah perusahaan terkait lain, akibat skandal pembagian data yang baru-baru ini diketahui masyarakat.

Sebelumnya, Instagram memperkenalkan mode portrait baru bertajuk Focus, pada fitur Stories di jejaring sosial miliknya. Fitur ini memungkinkan pengguna menyamarkan latar belakang gambar mereka, meski baru dapat digunakan pada perangkat terbatas.

Sementara itu, Instagram turut menghadirkan fitur Sticker Mention baru, yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses pengguna lainnya. Dengan fitur Sticker Mention, pengguna Instagram Stories dapat menandai rekan dalam format yang dapat lebih terlihat, sebab stiker mengadopsi efek warna pelangi baru. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.