Facebook Bantah Curi Dengar Percakapan Pakai Mikrofon

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 12 Apr 2018 11:40 WIB
media sosialfacebook
Facebook Bantah Curi Dengar Percakapan Pakai Mikrofon
Facebook tidak mendengarkan percakapan pengguna via mikrofon. (AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)

Jakarta: CEO Facebook Mark Zuckerberg hadir di hadapan Kongres Amerika Serikat untuk menjawab pertanyaan tentang skandal Cambridge Analytica.

Namun, dia juga harus menjawab pertanyaan terkait teori konspirasi yang telah ada selama bertahun tahun: apakah Facebook diam-diam merekam audio melalui perangkat pengguna untuk penargetan iklan?

"Ya atau tidak," kata Senator Gary Peters. "Apakah Facebook menggunakan audio yang didapatkan dari perangkat mobile pengguna untuk mendapatkan informasi pribadi tentang pengguna?"

"Tidak," kata Zuckerberg, seperti yang dikutip dari TechSpot. "Saya tegaskan ini: pertanyaan Anda adalah teori konspirasi yang beredar bahwa kami mendengarkan apa yang ada di sekeliling Anda menggunakan mikrofon dan menggunakan data itu untuk iklan."

"Kami tidak melakukan itu," ujar Zuckerberg. Dia menambahkan bahwa Facebook hanya bisa mereka audio sebagai bagian dari video yang diunggah atau direkam oleh para pengguna. 

Selama bertahun-tahun, sebagian pengguna Facebook mengklaim bahwa mereka melihat iklan pada media sosial itu yang terkait dengan percakapan mereka. Hal ini membuat munculnya kecurigaan bahwa Facebook diam-diam mendengarkan percakapan mereka menggunakan mikrofon pada perangkat mereka. 

Pada bulan Oktober lalu, President of Ads, Facebook, Rob Goldman juga membantah tuduhan tersebut. "Saya menjalankan produk iklan di Facebook. Kami tidak -- dan tidak pernah -- menggunakan mikrofon Anda untuk iklan. Itu tidak benar," ujarnya melalui Twitter. 


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

4 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.