Samsung akan Hadirkan Samsung Pay di Perangkat Kompetitor?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 28 Jul 2017 08:57 WIB
samsung
Samsung akan Hadirkan Samsung Pay di Perangkat Kompetitor?
Samsung dikabarkan tengah menawarkan lisensi Samsung Pay kepada pihak ketiga.

Metrotvnews.com: Samsung Pay menjadi salah satu produk unggulan di ranah sistem pembayaran via smartphone. Samsung Pay merupakan alternatif dari Apple Pay atau Android Pay yang berfungsi secara eksklusif via NFC.

Samsung Pay adalah solusi sistem pembayaran yang ditawarkan perusahaan asal Korea Selatan ini untuk berbagai perangkat, termasuk perangkat dengan pembaca kartu magnetik versi lama.

Saat ini, platform Samsung tersebut hanya tersedia pada perangkat kelas unggulan dan menengah Samsung. Namun, rumor terbaru yang beredar menyebut Samsung tengah berupaya untuk menawarkan lisensi layanannya kepada produsen perangkat lainnya.

Menurut Gadget 360, sumber internal mengindikasikan Samsung tengah dalam tahap diskusi dengan produsen ponsel pihak ketiga, yang menyatakan kesediaannya untuk memberikan pasokan chip khusus.

Pasokan chip tersebut diklaim akan mampu mengaktifkan fitur unik dari Samsung Pay. Proses negosiasi saat ini dilaporkan terbatas pada perangkat high-end. Selain itu, Samsung juga diklaim berencana untuk membenamkan fungsionalitas Samsung Pay secara keseluruhan pada lebih banyak perangkat kelas menengah.

Samsung juga tengah mengeksplorasi opsi lain, yaitu dengan pembekalan aksesori opsional dengan hardware yang dibutuhkan. Hal ini diklaim akan menyelesaikan masalah kesulitan dalam menghadirkan software dan hardware Samsung pada perangkat produsen lain.

Meskipun demikian, rumor ini belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Samsung. Samsung tidak lagi menjadi satu-satunya produsen perangkat asal Korea Selatan yang merambah ranah ini. Pada bulan Juni lalu, LG telah meluncurkan layanan pembayaran karyanya.

Namun saat ini, LG Pay baru dapat digunakan pengguna di Korea Selatan. Ia menjadi salah satu kompetitor utama Samsung di ranah tersebut di negara asal kedua perusahaan ini. Samsung juga secara agresif melakukan ekspansi layanan pembayaran ini, termasuk ke Inggris dan India.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.