HBO Tawarkan Rp3,3 Miliar untuk Hacker?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 Aug 2017 12:49 WIB
cyber security
HBO Tawarkan Rp3,3 Miliar untuk Hacker?
Peretas HBO kembali berulah setelah membocorkan skenario untuk episode Game of Thrones. (HBO)

Metrotvnews.com: Peretas HBO kembali berulah. Sekitar seminggu lalu, seorang hacker membocorkan skenario untuk episode 4 dari musim terbaru Game of Thrones serta membocorkan nomor ponsel pribadi dari para aktor dan aktris TV seri tersebut.

Sekarang, dia membocorkan email dari para eksekutif HBO. Dalam email itu, HBO menawarkan USD250 ribu (Rp3,3 miliar) pada sang hacker sebagai bagian dari program pencarian bug mereka. Program pencarian bug biasanya memiliki hadiah berupa uang untuk para hacker baik yang memberitahu perusahaan akan kelemahan dalam sistemnya.

Namun, hacker yang menyerang HBO justru memanfaatkan celah yang ada untuk menyerang HBO. Keputusan HBO untuk menawarkan hadiah untuk sang hacker dianggap aneh. Namun, narasumber The Next Web yang familier dengan masalah seperti ini mengatakan, langkah HBO ini ditujukan untuk mengulur waktu sehingga HBO memiliki waktu untuk meninjau kerugian yang ditimbulkan oleh sang hacker.

Meskipun begitu, juga muncul dugaan bahwa HBO menawarkan sejumlah uang untuk sang hacker demi memastikan dia tidak membuat kekacauan yang lebih parah, seperti yang terjadi pada Sony, mengingat tawaran HBO ini lebih seperti bayaran tebusan daripada hadiah.

Jumlah yang ditawarkan oleh HBO ini masih lebih rendah dari tuntutan sang hacker, yang meminta bayaran sebesar "gaji 6 bulan" dan mengklaim dia mendapatkan USD12-15 juta (Rp160-200 miliar) per tahun. HBO menolak untuk berkomentar. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.