HBO Tawarkan Rp3,3 Miliar untuk Hacker?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 Aug 2017 12:49 WIB
cyber security
HBO Tawarkan Rp3,3 Miliar untuk Hacker?
Peretas HBO kembali berulah setelah membocorkan skenario untuk episode Game of Thrones. (HBO)

Metrotvnews.com: Peretas HBO kembali berulah. Sekitar seminggu lalu, seorang hacker membocorkan skenario untuk episode 4 dari musim terbaru Game of Thrones serta membocorkan nomor ponsel pribadi dari para aktor dan aktris TV seri tersebut.

Sekarang, dia membocorkan email dari para eksekutif HBO. Dalam email itu, HBO menawarkan USD250 ribu (Rp3,3 miliar) pada sang hacker sebagai bagian dari program pencarian bug mereka. Program pencarian bug biasanya memiliki hadiah berupa uang untuk para hacker baik yang memberitahu perusahaan akan kelemahan dalam sistemnya.

Namun, hacker yang menyerang HBO justru memanfaatkan celah yang ada untuk menyerang HBO. Keputusan HBO untuk menawarkan hadiah untuk sang hacker dianggap aneh. Namun, narasumber The Next Web yang familier dengan masalah seperti ini mengatakan, langkah HBO ini ditujukan untuk mengulur waktu sehingga HBO memiliki waktu untuk meninjau kerugian yang ditimbulkan oleh sang hacker.

Meskipun begitu, juga muncul dugaan bahwa HBO menawarkan sejumlah uang untuk sang hacker demi memastikan dia tidak membuat kekacauan yang lebih parah, seperti yang terjadi pada Sony, mengingat tawaran HBO ini lebih seperti bayaran tebusan daripada hadiah.

Jumlah yang ditawarkan oleh HBO ini masih lebih rendah dari tuntutan sang hacker, yang meminta bayaran sebesar "gaji 6 bulan" dan mengklaim dia mendapatkan USD12-15 juta (Rp160-200 miliar) per tahun. HBO menolak untuk berkomentar. 


(MMI)

Video /