Ponsel Makin Aman Berkat Pengenal Wajah

M Studio    •    Sabtu, 26 May 2018 09:14 WIB
huawei
Ponsel Makin Aman Berkat Pengenal Wajah
Face Unlock jadi sistem pengaman yang wajib untuk smartphone. Foto: Android Headlines

Jakarta: Isu keamanan di perangkat elektronik bukan hal baru. Seiring semakin ramainya kasus pencurian data, setiap perangkat elektronik juga harus memiliki sistem keamanann terbaik, misalnya pada smartphone.

Wajar apabila smartphone harus dilengkapi sistem keamanan yang lengkap, karena smartphone memiliki beragam fungsi dan menjadi perangkat yang paling sering kita gunakan untuk mengakses berbagai macam layanan termasuk menyimpan data pribadi.

Kita tidak ingin ada orang lain yang mencuri data pribadi itu dan menggunakannya untuk hal yang bakal merugikan kita.

Ada beberapa teknologi sistem keamanan terbaru yang kini banyak digunakan pada smartphone, di antaranya adalah pemindai sidik jari atau fingerprint dan pemindai wajah yang disebut face unlock.  

Pada smartphone terbaru yang diriilis di Indonesia pada tanggal 25 April 2018, Huawei Nova 2 Lite, kedua sistem keamanan tersebut ditanamkan supaya penggunanya tidak lagi cemas apabila ada orang lain yang ingin menggunakan atau mengakses smartphone tanpa izin.



Meskipun sangat aman, Huawei masih memahami bahwa sistem keamanan juga harus tetap hadir dengan kemudahan bagi penggunanya. Huawei Nova 2 Lite hadir dengan pemindaik sidik jari Fingertprint Sensor 4.0 yang bisa mengenali sidik jari yang diterimanya dalam waktu kurang 1 detik.

Pemindai sidik jari di Huawei Nova 2 Lite tidak hanya mengunci akses layar home screen tapi juga bisa digunakan untuk mengunci akses ke folder Safe yang memiliki kemampuan enkripsi data, sehingga tidak akan bisa diambil dan juga mengunci akses setiap aplikasi.

Kecepatan yang sama juga dihadirkan oleh pemindai wajah atau Face Unlock Huawei pada Nova 2 Lite karena dibekali sensor yang bisa mengenali 1.024 titik karakteristik wajah pemiliknya.

Menariknya lagi, fitur Fingerprint Sensor 4.0 Huawei nova 2 lite juga memiliki fungsi lain yang memudahkan penggunanya. Pemindai sidik jari tersebut juga memiliki gesture control.

Gerakan jari di sensor pemindai sidik jari bisa untuk mengendalikan fitur-fitur yang ada di dalam Huawei Nova 2 Lite, misalnya sebagai tombol capture saat menggunakan kamera, menerima panggilan yang masuk, serta untuk melihat-lihat foto di Gallery.

Huawei Nova 2 Lite tersedia spesial untuk kaum milenial Indonesia dengan harga Rp2.599.000.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.