Teknologi Samsung Relumino untuk Penderita Low Vision

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 31 Mar 2018 11:10 WIB
samsung
Teknologi Samsung Relumino untuk Penderita Low Vision
Samsung meluncurkan aplikasi Relumino untuk membantu penderita gangguan penglihatan.

Jakarta: Samsung meluncurkan Relumino, aplikasi untuk membantu penderita gangguan penglihatan atau low vision, agar dapat melihat lebih jelas. Aplikasi ini juga membantu pengguna mengatasi hambatan penglihatan di kehidupan sehari-hari.

“Relúmino memberikan akses mudah melalui inovasi yang memungkinkan penderita gangguan penglihatan (low vision) untuk mendapatkan kesempatan melihat apa yang mereka tidak bisa lihat sebelumnya," ujar Vice President and Head of Creativity & Innovation Center at Samsung Electronics Jaiil Lee.

Relumino merupakan hasil pengembangan Samsung di dalam program Creative Lab (C-Lab), program inkubator dari Samsung. Aplikasi ini membutuhkan perangkat Gear VR untuk membantu penderita low vision dalam melihat obyek dengan lebih jelas.

Pengguna smartphone Samsung model Galaxy S8, S8+, Note 8, S9 dan S9+ dapat mengunduh aplikasi Relumino secara gratis di Oculus Store, yang kini baru mendukung bahasa Inggris dan Korea.

Aplikasi ini berbekal sejumlah fitur, di antaranya memperbesar dan memperkecil gambar, memperjelas garis antar obyek, serta menyesuaikan perbedaan warna dan kecerahan.

Selain itu, aplikasi ini juga dibekali kemampuan untuk membalikkan warna dan kecerahan, serta Omni-focal function untuk mengubah mode saat melihat ke arah depan dan bawah, penyaringan warna pada layar, dan mode partial vision atau pemetaan ulang gambar sehingga gambar yang tidak terlihat oleh bagian mata ke bagian mata yang terlihat.

Sementara itu untuk mendukung teknologi ini, pada tahun 2017 Samsung menggandeng Professor Moon Nam Ju di Department of Ophthalmology of Chung-Ang University Hospital, di Korea Selatan, untuk melakukan percobaan klinis melibatkan aplikasi Relumino.

Berdasarkan pengujian klinis tersebut, Profesor Moon menyebut bahwa kolaborasi aplikasi Relumino dan Samsung Gear VR mampu membantu meningkatkan penglihatan maksimum penderita low vision dari 0.1(20/200) menjadi 0.8 (20/25).


(MMI)

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Oppo menghadirkan pengalaman menggunakan kamera dan hasil foto yang baik dan menyenangkan, berk…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.