Apple Mulai Bayar Tunggakan Pajak ke Irlandia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 19 May 2018 16:18 WIB
apple
Apple Mulai Bayar Tunggakan Pajak ke Irlandia
Apple mulai bayar tunggakan pajak ke Irlandia. (AFP PHOTO / JIM YOUNG)

Jakarta: Pada 2016, Komisi Eropa memerintahkan Apple untuk membayar tunggakan denda sekitar EUR13 miliar (Rp208,5 triliun) pada Irlandia. Apple membuat perjanjian khusus dengan Irlandia, yang Komisi anggap tindakan ilegal. Baik Apple maupun Irlandia tidak senang dengan keputusan itu. 

Apple merasa, jumlah tersebut terlalu besar sementara pemerintahan Irlandia menganggap Uni Eropa telah melanggar kekuasaan mereka.

Mereka sempat mengajukan banding meski berakhir dengan kegagalan. Sekarang, Apple mulai membayar tunggakan denda tersebut, lapor Engadget. 

Perusahaan asal Cupertino itu baru saja memasukkan uang senilai EUR1,5 miliar (Rp25 triliun) ke rekening escrow -- rekening sementara yang dibuat sampai sebuah ketentuan tercapai. Tujuannya adalah untuk membayar tunggakan pajak mereka pada Irlandia, menurut laporan CNET

Uni Eropa percaya, Irlandia tidak menarik pajak cukup banyak dan justru memberikan diskon pada perusahaan besar seperti Apple. Padahal, besar pajak yang mereka tetapkan sudah cukup rendah, yaitu 12,5 persen. 

Selain mengajukan banding, Apple juga dikabarkan telah memindahkan uang kas mereka ke sebuah pulau kecil bernama Jersey, yang dikenal sebagai surga pengemplang pajak.

Pulau Jersey ada di pesisir selatan Inggris. Dikabarkan, Apple memindahkan uang kasnya agar uang tersebut tidak dikenai pajak di Irlandia. 

Apple diharapkan akan membayar total denda yang dikenakan padanya pada September. Uang itu akan ditahan di rekening escrow sampai keputusan akhir pengadilan ditetapkan. Apple menolak untuk berkomentar. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.