Facebook Umumkan Fitur Unsend

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 08 Apr 2018 13:15 WIB
media sosialfacebook
Facebook Umumkan Fitur Unsend
Facebook mengumumkan fitur unsend tidak lama setelah pesan CEO-nya dikabarkan dihapus.

Jakarta: Diam-diam, Facebook menghapus pesan-pesan yang CEO Mark Zuckerberg kirim melalui Messenger. Tidak lama setelah artikel itu dirilis, Facebook menyebutkan bahwa mereka akan meluncurkan fitur untuk menghapus pesan untuk Messenger. 

Menurut TechCrunch, fitur "unsend" akan dirilis dalam waktu beberapa bulan ke depan. Sayangnya, belum ada informasi tentang cara kerja dari fitur ini.

Saat ini, Messenger hanya menawarkan mode Secret Conversation yang memungkinkan pengguna untuk menentukan kapan pesan-pesan yang dikirimkan akan terhapus. Namun, semua orang yang ikut serta dalam percakapan itu akan diberitahukan bahwa pesan-pesan itu akan terhapus. 

"Kami telah membahas fitur ini beberapa kali," kata juru bicara Facebook pada The Verge.

"Sekarang kami akan membuat fitur untuk menghapus pesan bisa digunakan oleh lebih banyak orang. Ini mungkin akan membutuhkan waktu agak lama. Dan sampai fitur ini siap, kami tidak akan menghapus pesan-pesan dari para eksekutif lainnya. Kami harusnya melakukan ini lebih cepat -- kami minta maaf karena kami tidak melakukan itu."

Facebook telah membuat fitur serupa pada produknya yang lain. Misalnya, WhatsApp telah menyediakan fitur hapus pesan sejak tahun lalu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghapus pesan WhatsApp tidak lama setelah Anda mengirimkan. Memang, pesan yang akan terhapus, tapi sebagai gantinya akan muncul pesan "pesan ini telah dihapus."

Instagram juga memiliki fitur serupa, memungkinkan pengguna menghapus pesan tanpa jejak apapun.

Pengguna cukup menyentuh pesan yang ingin mereka hapus selama beberapa waktu dan pilih "unsend". Jika penerima belum menerima pesan tersebut, mereka tidak akan mengetahui bahwa mereka sempat menerima pesan tersebut.

Facebook mengumumkan fitur ini hanya beberapa jam setelah muncul laporan bahwa pesan yang dibuat oleh Zuckerberg menghilang dari kotak masuk pesan pengguna lain. Memang, menghapus pesan tidak melanggar peraturan Facebook.

Tindakan ini dikritik karena dianggap menghancurkan kepercayaan pengguna, terutama ketika Facebook tengah menghadapi skandal besar terkait Cambridge Analytica. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.