Twitter Gandakan Jumlah Karakter Maksimal per Tweet

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 27 Sep 2017 11:50 WIB
media sosialtwitter
Twitter Gandakan Jumlah Karakter Maksimal per Tweet
Twitter coba fitur baru untuk dorong pengguna lebih sering membuat tweet. (AFP PHOTO / Leon NEAL)

Metrotvnews.com: Salah satu ciri khas Twitter adalah adanya batasan jumlah karakter dalam satu kicauan, yaitu 140 karakter. Mungkin, karakteristik ini sebentar lagi akan hilang.

Twitter tengah menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat tweet dengan jumlah karakter dua kali lipat dari biasanya. Itu artinya, sebagian pengguna Twitter kini bisa membuat kicauan dengan jumlah karakter maksimal 280 karakter.

Seperti yang disebutkan oleh Recode, pembatasan karakter dalam sebuah kicauan awalnya muncul karena tweet dikirimkan melalui teks, yang ketika itu, memiliki batas maksimal karakter, yaitu 140 karakter. Fitur pembatasan ini telah menjadi fitur karakteristik Twitter. 

Twitter menjelaskan keputusannya ini dalam sebuah blog post. Mereka mengklaim, ada kalanya pembatasan karakter memaksa orang untuk "menghapus sebuah kata yang memiliki emosi atau makna penting" atau bahkan membuat orang enggan untuk mengunggah tweet

"Ketika orang-orang tidak harus menjejalkan pikirannya ke dalam 140 karakter dan punya ruang ekstra, kami melihat lebih banyak orang membuat kicauan," tulis Twitter. Ini menjelaskan alasan keputusan Twitter untuk menggandakan jumlah maksimal karakter dalam sebuah kicauan. Tujuan mereka adalah mendorong penggunanya untuk lebih aktif.

Para eksekutif Twitter telah lama mempertimbangkan untuk menambahkan jumlah karakter maksimal. Pada awal tahun 2016, Twitter mempertimbangkan untuk membuat jumlah maksimal karakter per tweet menjadi 10 ribu. Namun, CEO Jack Dorsey akhirnya membatalkan rencana itu sebelum perubahan itu direalisasikan. 

Twitter terus berusaha untuk membuat perubahan kecil untuk memastikan penggunanya bisa memaksimalkan batasan karakter dalam sebuah tweet, misalnya dengan membuat username atau gambar tidak terhitung dalam batasan maksimal karakter. Tapi, ini adalah pertama kalinya Twitter menambahkan jumlah karakter maksimal yang bisa digunakan.

Twitter sadar, di beberapa bahasa, Anda bisa menyampaikan pikiran Anda dengan sedikit karakter. Misalnya, di Jepang, Twitter mengklaim, jumlah tweet yang mencapai batas maksimal 140 karakter hanya mencapai 0,4 persen total tweet yang ada. Sementara pada tweet berbahasa Inggris, angka ini bisa mencapai 9 persen. 

"Riset kami menunjukkan bahwa pembatasan karakter adalah salah satu alasan utama di balik rasa frustrasi ketika pengguna berbahasa Inggris membuat tweet, tapi ini bukan masalah bagi pengguna di Jepang," tulis Twitter. 

Twitter berkata, mereka akan mengumpulkan data dari tes ini sebelum meluncurkan fitur ini ke semua pengguna. Mereka juga menyebutkan, mereka tidak akan menambahkan jumlah maksimal karakter per tweet pada pengguna yang menggunakan bahasa Jepang, Mandarin atau Korea. Sementara pengguna dengan bahasa lain bisa ikut mencoba untuk menguji fitur ini. 


(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /