iPhone 8 Punya Touch ID di Bodi Belakang?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 20 Apr 2017 08:26 WIB
apple
iPhone 8 Punya Touch ID di Bodi Belakang?
Apple dirumorkan akan menyematkan Touch ID pada bagian belakang bodi iPhone 8.

Metrotvnews.com: Apple dilaporkan akan menyematkan komponen Touch ID pada bagian belakang iPhone generasi selanjutnya. Hal ini serupa dengan langkah yang telah dilakukan oleh Samsung dan Google pada perangkat unggulan terbaru mereka.

Sebelumnya, Samsung menyematkan sensor autentifikasi sidik jari pada bagian depan, di bawah layar perangkat. Alasan Samsung mengubah letak sensor tersebut disebabkan oleh penggunaan layar Infinity Display baru pada smartphone unggulan terbarunya, Galaxy S8.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut sebelumnya dipercaya akan membenamkan sensor ini pada layar Galaxy S8. Namun, teknologi pendukung rencana tersebut dinyatakan belum siap hingga waktu peluncurannya, sehingga pada Galaxy S8 dan S8+, sensor sidik jari tersebut tersemat mendampingi kamera belakang.

Sementara itu, Apple diperkirakan mencoba melakukan hal serupa terkait dengan Touch ID dan layar OLED baru pada iPhone 8. Demi mencoba hal tersebut, Apple diprediksi akan menunda peluncuran iPhone terbarunya. Sebagai alternatif, jika percobaan tersebut tidak berhasil, Apple akan menyematkan Touch ID pada bagian belakang iPhone 8.

Sebagai pengingat, Apple diperkirakan akan meluncurkan iPhone 8 pada tahun ini bersamaan dengan iPhone 7s dan 7s Plus. iPhone 8 dikabarkan akan didukung layar OLED dengan sisi berlekuk, dan diumumkan pada bulan September mendatang.

Selain itu, menurut bocoran gambar yang sebelumnya beredar, iPhone baru tersebut akan didukung kamera belakang ganda dengan susun vertikal. Hal ini berbeda dari iPhone 7 Plus yang mengusung kamera belakang ganda bersusun horisontal. iPhone 8 juga dirumorkan akan mengusung layar berukuran 5,8 inci.

Catatan investor baru dari analis UBS Steven Milunovich yang beredar menyebut iPhone 8 akan dipasarkan seharga kurang dari USD1000 (Rp13,3 juta). Catatan ini membantah rumor yang sebelumnya beredar terkait dengan harga iPhone 8.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.